Admiral Byrd: Daerah Sebesar Amerika Serikat di Sisi Lain Kutub Selatan

Salah satu tokoh yang paling sering disebut-sebut dalam hoax Bumi datar (dan juga berbagai macam teori konspirasi lainnya) adalah Admiral Byrd. Admiral Byrd adalah seorang penjelajah dari Amerika Serikat yang terkenal karena penjelajahannya pada benua Antartika dan lautan Arktik.

Kata-kata beliau yang sering dikutip:

“Anehnya, pada saat ini ada daerah sebesar Amerika Serikat, yang tak pernah dikunjungi manusia, yang lokasinya di sisi lain kutub Selatan dari Little America.”

Kalimat tersebut sering disalahartikan, sengaja ataupun tidak sengaja, di kalangan penganut Bumi datar.

Kalimat tersebut merupakan kutipan wawancara Admiral Byrd sebagai berikut:

Pada menit 1:35:

“Strangely enough, there is left in the world today, an area as big as the United States, that’s never been seen by a human being. And that’s beyond the pole, on the other side of the south pole from Little America.”

Little America yang dimaksud adalah sebuah pangkalan di Antartika yang dibuat Byrd dan pasukannya dalam menjalankan ekspedisinya di Antartika.

Dengan menggunakan imajinasi yang berlebihan dan ketidaktahuan terhadap kondisi geografis di Antartika, oleh penganut Bumi datar, kalimat tersebut diinterpretasikan bahwa ada daratan di ‘sebelah sananya’ Antartika, “Pasti ada apa-apanya!”

Jika kita melihat peta Antartika dan menandai dimana letak Little America dan kutub Selatan, maka tak sulit untuk mencerna apa yang sebenarnya dimaksud oleh Byrd. Pada saat itu, tak banyak orang yang pernah melakukan ekspedisi di Antartika, dan semuanya memulai perjalanannya dari sisi yang sama dengan Byrd lakukan.

Contohnya, Scott dan Amundsen, orang-orang pertama yang mencapai kutub Selatan, memulai perjalanannya dari paparan es Ross, sama seperti yang Byrd lakukan.

Daerah di sisi Antartika lainnya praktis belum pernah dijelajahi. Inilah daerah yang dimaksud oleh Byrd. Dan dengan mempertimbangkan paparan es di atas permukaan laut, luasnya pun akan setara dengan luas Amerika Serikat.

Paparan Es Antartika

Peta pada ilustrasi menggambarkan batas daratan dari benua Antartika. Namun paparan es bisa berada di lautan dan memperluas daerah yang bisa dipijak sampai berkilometer-kilometer dari tepi daratan.

Ekspedisi yang dilakukan Byrd juga dimulai dari Paparan Es Ross, sekitar 700 km dari garis pantai ke arah kutub Selatan.

Paparan es Antartika, kondisi saat ini.

Referensi