Aristarchus: Korban Strawman Demi Menyerang Besaran Jarak Matahari

Salah satu manipulasi fakta yang dilakukan penggiat Bumi datar  melibatkan Aristarchus, seorang ilmuwan abad ke-3 sebelum Masehi. Ini adalah manipulasi fakta yang asli buatan oknum-oknum penggiat Bumi datar dari dalam negeri. Disebutkan bahwa Aristarchus melakukan penghitungan jarak Matahari yang salah, tapi hasilnya masih digunakan sampai sekarang.

Klaim ini tentu saja tidak benar. Angka jarak Matahari yang kita gunakan saat ini tidak berasal dari Aristarchus. Ini adalah usaha-usaha strawman  dari oknum-oknum Bumi datar yang tak bertanggung jawab untuk menyerang keabsahan nilai jarak Matahari yang kita gunakan saat ini.

Pada abad ke-3 sebelum Masehi, Aristarchus memang melakukan perhitungan jarak Matahari. Beliau menggunakan posisi Bulan dan Matahari saat Bulan sedang mengalami fase setengah Bulan. Dengan perhitungan geometri, hasilnya adalah: jarak Matahari adalah 380× jari-jari Bumi. Detail perhitungannya dapat dibaca di referensi.

Perhitungan yang dilakukan Aristarchus memang sangat kasar dan tidak akan seakurat apabila menggunakan teknologi modern. Namun yang dilakukan Aristarchus terbilang sangat cerdik bagi mereka yang hidup di jaman tersebut.

Oknum-oknum penggiat Bumi datar di dalam negeri memanfaatkan hal ini. Modus operandinya adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan asumsi bahwa angka jarak Bumi-Matahari yang kita gunakan saat ini berasal dari Aristarchus.
  2. Menyerang metode yang dilakukan Aristarchus, dan menyimpulkan hasilnya salah.
  3. Dari 1 dan 2, disimpulkan bahwa angka jarak Bumi-Matahari yang kita gunakan saat ini salah.

Teknik argumentasi semacam ini dinamakan strawman fallacy. Mereka menciptakan asumsi yang mudah diserang, dan menganggap asumsi tersebut berasal dari sains. Lalu kemudian menyimpulkan sainslah yang salah.

Pada kenyataannya, jarak Bumi-Matahari sebesar 149 juta km yang kita gunakan saat ini lebih jauh sekitar 62× dibandingkan perhitungan Aristarchus. Dan tentunya tidak didapatkan dari metoda perhitungan yang dilakukan Aristarchus.

Referensi

  • Safaldin

    Dari manapun asal perhitungan jarak matahari itu, itu tetap berlebihan, bayangin aja lintasan bumi mengelilingi matahari dengan 149 juta km sebagai jari2nya, berapa kecepatanya, belum lagi rotasi bumi sama perubahan kemiringan kutub utara dan kutub selatan, banyak amat gerakanya, lawak amat kan, itu bumi lagi nari balet ngiterin matahari sambil muter2, miring kanan miring kiri, apa ga keluar ya atsmosfer buminy.

    • Pada kenyataannya adalah seperti itu. Itu merupakan hasil pengamatan dan bisa diverifikasi sendiri kalau mau. Fakta tetaplah fakta, tidak peduli anda suka atau tidak. Semoga mencerahkan.

      • Safaldin

        fakta adalah fakta, teori adalah teori, semua teori di bumi bulat itu bisa di pakai di bumi datar. malah lebih masuk akal di bumi datar.

        satu bukti yg kuat bumi itu bulat adalah nasa yg katanya ke bulan, yakin dia di bulan.

        jangan percaya katanya aja, saksiin sendiri videony, truss amati, klo males ngamati, cari aja di youtube bukti bahwa neil amstrong tidak pernah kebulan, jangan youtube yg ngasih foto, tapi video.

        kadang gua bingung, gmana carany ada siaran langsung di bulan sementara tv gelombang elektromaknetikny di pantulin oleh atsmosfir bumi, sedangkan dia udah di luar atsmosfer bumi.

      • Safaldin

        Tuh kan, yg katany lagi,bukan yg nyaksiin sendiri. Mereka itu bagian dari team independent mereka juga, di suruh saksiin sendiri, malah lihat dari tulisan juga, dari kita sekolah kita juga banyak tulisan bahwa manusia pernah kebulan, dengan teorinya yg membuat kita percaya bahwa bumi itu bulat, cocokologi, belum lagi di suguhi gambar CGI yg mana kita anak kecil, suka banget liat gambar2 planet di buku, video, bahkan di planetarium.

        tpi kita bukan anak kecil lagi, bisa mikir sendirilah.

        Mana bukti NASA pernah kebulan?
        Mana bukti bumi bulat?

        Buat artikelnya klo NASA pernah ke bulan, beserta bukti videony.!!

        • manusia itu adalah makhluk sosial. tidak semuanya bisa dikerjakan sendiri. makanan yang anda makan tidak mungkin semuanya anda produksi sendiri. suatu saat anda harus percaya dan berbaik sangka kepada orang lain, agar anda bisa hidup dengan baik.

          sama halnya dengan sains. sains adalah hasil dari kerjasama antara banyak manusia selama ribuan tahun. tidak semuanya bisa kita teliti sendiri.

          oknum2 FE ini menghasut kita agar kita berburuk sangka kepada pihak lain agar kita tidak lagi bisa berfungsi sebagai makhluk sosial. barangkali sudah waktunya anda tidak percaya begitu saja kepada oknum2 ini, dan mempertanyakan apa yang disampaikan oleh oknum2 ini, sebagaimana anda mempertanyakan informasi dari kami.

          mengenai bukti bumi bulat, sudah kami buatkan di kategori khusus: https://bumidatar.id/topik/bukti-bumi-bulat

          semoga mencerahkan.

      • Safaldin

        Oke, kyany pembahasan ini ga ada habisnya.

        Ga ada gunany juga bumi bulat atau ga, ga ngaruh apa2 dalam dunia sains.

        klo loe ngerti sains, loe pasti tau klo teory itu berubah2, teory bumi bola di penuhi dengan kebohongan, bukan sains yg salah, tapi mereka yg berbohong sehingga membuat ilmuan mencari jawaban yang sesuai.

        teory bumi bulat itu emang ada, dari ribuan tahun yang lalu, bumi ini bulat, secara geografis, secara peta, tapi bukan secara bentuk. Karna peta bumi datar itu juga bulat, peta itu udah ada dari ribuan tahun lalu, sampai akhirny setengah abad yg lalu, nasa berbohong tentang ke bulan, dan berubahlah pandangan orang dari bumi datar jadi bumi bulat bola, Lalu di proyeksikanlah peta bumi bulat, menjadi peta bumi bola.

        bukan ilmuan yg salah, tapi mereka yg berbohong yg membuat ilmuan harus mencari penyesuaiany atau penjelasanya.

        • jadi modus operandi oknum2 FE ini adalah dengan mendiskreditkan NASA seburuk-buruknya. dan setelah itu menggunakannya sebagai bahan argumentasi dengan jurus ‘guilt by association’. bentuknya adalah sebagai berikut:

          1. NASA itu lembaga jahat (hasil indoktrinasi oleh oknum2 FE)
          2. NASA mengklaim bumi bulat
          kesimpulan: bumi tidak bulat karena NASA jahat

          dan sepertinya banyak dari kita yang terjebak trik argumentasi dari oknum2 FE ini. ini termasuk ad hominem, karena menilai sesuatu dari pelakunya, bukan dari hal yang sesungguhnya. sebenarnya NASA tidak perlu diperhitungkan dalam urusan menentukan bentuk bumi ini.

          kenyataannya kita sudah tahu bumi bulat sejak abad 3-5 sebelum masehi dan tidak pernah menjadi masalah. saat ini pun bisa kita verifikasi sendiri bentuk bumi yang bulat. beberapa sudah kami kumpulkan di https://bumidatar.id/topik/bukti-bumi-bulat dan di https://bumidatar.id/topik/bukti-bumi-tidak-datar . kalau tidak percaya NASA, tidak perlu ambil pusing dengan NASA, kita kesampingkan semua hal yang sumbernya dari NASA. mari kita lihat saja fakta di lapangan seperti apa.

          semoga mencerahkan.

          • Safaldin

            1.Berlebihan juga klo bilang Nasa itu jahat, posititive thinking aja, mungkin dia terpaksa boong karna suatu alasan, misalnya karna panas ngeliat soviet pertama kali ngeluncurin satelit, makanya presiden AS ngumummin bakal ngirim manusia yg pertama kali ke bulan, karna ga bisa2, terpaksa dah dia mendarat di studio rekaman…

            Bisa di cek salah satu video yg menjelaskan…
            https://m.youtube.com/watch?v=6e9L8SkBsO0

            Bagaimana tanggapaan menurut anda….

            Satu lagi, anda bilang saya terjebak kaum FE,
            Anda salah, justru saya yg menghina kaum FE sebelumnya…
            Saya menganggap kaum FE itu bego, gak mau nerima kenyataan, di jaman modern dimana semua orang bisa pergi kemana aja, bahkan orang nyaksiin sendiri dari bulan bahwa bumi ini bulat bola. dan ga ada yg namanya ujung bumi. Masih ada aja yg percaya bahwa bumi datar….

            Itu hal yg wajar… Bumi bulat udah ada dalam otak kita, dalam keseharian kita, dalam imajinasi kita…

            Okelah, masalah NASA cukup…

            Gua mampir di artikel lainya…

          • Soal konspirasi moon landing, silakan anda baca saja di http://www.badastronomy.com/bad/tv/foxapollo.html . Urusan moon landing akan kami bahas sekilas saja di sini.

            Mengenai Bumi bulat, hal tersebut adalah fakta yang dapat sama2 kita verifikasi sendiri. silakan baca https://bumidatar.id/topik/bukti-bumi-bulat untuk informasi lebih lanjut. semoga mencerahkan.