Auguste Piccard – Ilmuwan yang Dicatut Namanya oleh Kaum Bumi Datar

Auguste Piccard adalah seorang ilmuwan asal Swiss/Belgia yang mempelajari lapisan stratosfer. Piccard melakukan penelitian salah satunya dengan cara membuat balon dan terbang sendiri ke lapisan stratosfer.

Sayangnya, namanya dicatut oleh kaum Bumi datar dan dianggap sebagai ‘ilmuwan Bumi datar.’ Masalah ini dimulai dari sebuah artikel Popular Science tahun 1931, yang mengatakan:

Through portholes, the observers saw the earth through copper-colored then bluish, haze. It seemed a flat disk with upturned edge.

Faktanya, Auguste Piccard adalah ilmuwan yang sesungguhnya, bukan penganut Bumi datar.

Beliau mencapai ketinggian 15781 m sebelum wawancara dilakukan. Ketinggian tersebut tak begitu jauh di atas ketinggian pesawat komersil saat ini. Lengkungan Bumi masih sulit diamati dari ketinggian tersebut.

Beliau mengatakan ke RTS Radio bahwa lengkungan Bumi tidak terlihat melalui jendela kecil, namun beliau yakin akan dapat mengamatinya apabila menggunakan alat bantu penggaris. Dalam penerbangannya, beliau berada di dalam ruangan tertutup dan hanya dapat melihat ke luar melalui jendela-jendela kecil yang hanya berukuran 8 cm.

Beliau menuliskan pengalamannya di buku “Earth, Sky, and Sea” dan sama sekali tak pernah menyebutkan Bumi datar. Sebaliknya, kata ‘globe’ disebutnya berkali-kali.

Betrand Piccard, cucunya, mengklaim bahwa Auguste Piccard adalah orang pertama yang mengamati lengkungan Bumi. Bertrand Piccard sendiri adalah orang pertama yang mengelilingi dunia menggunakan balon.

Artikel Popular Science

Simulasi Lengkungan Bumi

Berikut adalah bagaimana lengkungan Bumi yang seharusnya terlihat di ketinggian penerbangan pertama Auguste Piccard.

Permalink

Wawancara RTS Radio

Berikut adalah wawancara RTS Radio yang disebutkan sebelumnya. Wawancara dilakukan dalam Bahasa Perancis. Nyalakan subtitle dan terjemahan untuk mendapatkan terjemahan ke bahasa lain.

Hubungan dengan Jean-Luc Picard di Star Trek

Auguste Piccard adalah inspirasi di balik karakter Jean-Luc Picard di film Star Trek, digambarkan di bawah ini dengan reaksi yang sesuai apabila siapapun mendengar klaim Auguste Piccard adalah penganut Bumi datar.

Referensi