Berat = Gaya Gravitasi

Berat benda adalah gaya yang dikenakan terhadap benda tersebut oleh gravitasi. Gaya gravitasi yang diakibatkan oleh massa Bumi pada sebuah benda adalah yang kita sebut dan rasakan sebagai ‘berat’.

Banyak kaum Bumi datar yang tidak memahami bahwa berat sebenarnya adalah gaya gravitasi, dan sangat banyak sekali miskonsepsi di kalangan mereka yang berasal dari ketidakpahaman tersebut.

Salah satu miskonsepsi yang sering ditemukan di komunitas korban Bumi datar adalah jika gravitasi itu sangat kuat sehingga dapat membuat lautan “menempel” di permukaan Bumi, maka seharusnya objek yang jauh lebih ringan seperti bulu dan serbuk dandelion akan mendapatkan gaya gravitasi yang lebih kuat. Mereka salah.

Berat benda yang kita rasakan sebenarnya adalah yang disebut sebagai gaya gravitasi itu sendiri, yang dikenakan oleh massa Bumi pada benda tersebut. Semakin masif sebuah benda, maka semakin besar beratnya, atau dengan kata lain semakin besar gaya gravitasi yang dikenakan terhadap objek tersebut oleh Bumi; dan dengan demikian membutuhkan gaya yang lebih besar bagi kita untuk mengangkat benda tersebut.

Referensi