Bokeh

Dalam fotografi, bokeh adalah bagaimana lensa menghasilkan gambar pada bagian yang tidak terfokus. Bentuk dari bokeh lebih tergantung pada lensa yang digunakan daripada objek yang tidak terfokus tersebut.

Beberapa kaum Bumi datar tidak paham bagaimana cara untuk mengambil gambar bintang dan planet yang terfokus dengan benar. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya pengetahuan atau tidak cocoknya kamera yang mereka gunakan untuk keperluan tersebut. Yang mereka hasilkan hanyalah bokeh, yang tidak banyak menggambarkan objek yang dimaksud.

Lensa kamera berbeda dapat menghasilkan bentuk bokeh yang berbeda pula. Lingkaran-lingkaran terpusat (atau onion ring, atau target) biasanya disebabkan oleh komponen lensa asperis. Bentuk poligon, misalnya segi enam, terjadi karena bentuk aperture lensa jika bukaannya diperkecil. Gerakan beriak/ombak berasal dari turbulensi atmosfer. Bokeh berbentuk donat terjadi karena cahaya yang datang terhalang oleh cermin sekunder dari lensa cermin atau katadioptrik.

Kaum Bumi datar menciptakan berbagai macam asumsi dan bahkan teori konspirasi untuk “menjelaskan” mengapa bintang dan planet tidak terlihat seperti yang mereka lihat di buku-buku. Penjelasan yang sesungguhnya sebenarnya jauh lebih sederhana: bentuk-bentuk tersebut adalah bokeh, dan menceritakan lebih banyak mengenai kemampuan fotografi mereka daripada bentuk dari objek-objek yang dimaksud.

Referensi