Eksperimen Cavendish

Eksperimen Cavendish adalah eksperimen pertama yang berhasil mengukur gaya gravitasi antara massa dalam laboratorium, dan yang pertama kali menghasilkan konstanta gravitasi yang akurat.

Kaum Bumi datar selalu berusaha menciptakan asumsi-asumsi untuk mendiskreditkan eksperimen Cavendish. Namun eksperimen ini tak hanya dilakukan sekali oleh Henry Cavendish pada tahun 1797-1798, dan telah dilakukan berulang kali oleh sangat banyak pihak yang independen selama berabad-abad, dan memberikan hasil yang konsisten.

Eksperimen Cavendish terdiri dari dua buah bola timbal kecil yang keduanya ditempelkan di ujung sebuah tongkat yang digantung menggunakan kawat. Kemudian, dua buah bola timbal besar diletakkan di dekat kedua bola timbal kecil. Gravitasi akan menyebabkan tongkat dan bola timbal kecil yang bebas bergerak untuk berpindah posisi mendekati bola timbal besar.

Tentu saja eksperimen Cavendish bukan monopoli Cavendish, dan bukan hanya Cavendish yang melakukannya. Kaum Bumi datar selalu berusaha keras mendiskreditkan eksperimen ini dengan memfokuskan pada percobaan aslinya, dan bahkan pribadi dari Henry Cavendish sendiri. Mereka melupakan fakta bahwa eksperimen tersebut telah berhasil dilakukan berkali-kali dan memberikan hasil yang praktis sama. Istilah ‘eksperimen Cavendish’ bukan hanya mengenai eksperimen aslinya, tetapi juga metoda dan tata cara pada eksperimen aslinya. Siapapun dapat mengulangi eksperimen Cavendish tersebut dan akan mendapatkan hasil yang praktis sama.

Beberapa Video Eksperimen Cavendish

Referensi