Film Mockumentary “Dark Side of the Moon”

Salah satu ‘bukti’ bahwa pendaratan ke Bulan belum pernah dilakukan dan NASA selama ini membohongi kita semua adalah ‘film dokumenter’ yang banyak beredar di Internet. Film tersebut menampilkan narasumber seperti Donald Rumsfield, Henry Kissinger, Alexander Haig, Vernon Walters, Buzz Aldrin, dan istri mendiang Stanley Kubrick. Dalam film tersebut terlihat bahwa mereka semua mengatakan bahwa video pendaratan di Bulan dipalsukan, dan semuanya dibuat oleh Stanley Kubrick di studio.

Tapi ternyata itu semua hanyalah cuplikan dari sebuah mockumentary berjudul ‘Dark Side of the Moon’. Mockumentary adalah film yang membahas sesuatu yang fiktif, namun disajikan seperti film dokumenter.

Pembuat film sebenarnya memberikan petunjuk-petunjuk bahwa film tersebut fiktif, yaitu dengan cara menyelipkan informasi-informasi yang sudah jelas-jelas bohong ke dalam film; umumnya dalam bentuk informasi tanggal yang salah dan cuma berbeda satu digit.

Untuk mengantisipasi penonton yang masih percaya sampai akhir film, penutup film diisi dengan blooper, yaitu pengambilan film yang salah. Misalnya karena ‘pemeran’ lupa dialognya atau tidak dapat menahan tawa saat pengambilan film.

Sayangnya banyak pihak yang dengan sengaja memotong bagian-bagian tersebut, mungkin dengan alasan profit, atau hanya trolling demi mendapatkan kesenangan karena dapat menipu banyak orang. Yang menjadi korban tentu saja pihak-pihak yang kurang kritis dan lemah dalam melakukan riset, seperti penganut Bumi datar.

Pembuat film —William Karel— bahkan beberapa kali mendapat ‘ucapan selamat’ melalui email karena ‘keberhasilannya membongkar konspirasi pendaratan di Bulan’.

Kamu tak akan sulit menemukan kaum penganut Bumi datar yang seperti mendapat angin segar setelah menonton film ini, dan dengan terburu-buru menunjukkan ‘penemuan terbaru’-nya kepada khalayak ramai. Namun tentu saja, hal tersebut hanya menjadi demonstrasi lemahnya daya kritis yang bersangkutan.

Referensi