Elit Global: Pengalihan Isu Dari Masalah Sebenarnya

Beberapa penganut Bumi datar menggunakan elit global sebagai jurus untuk kabur dari diskusi agar terlihat tidak kehilangan muka.

Saat tidak dapat membuktikan model Bumi datar, beberapa penganut Bumi datar akan mengatakan bahwa model Bumi datar itu masih dalam penelitian, dan wajar apabila belum sempurna. “Tapi,” tentunya ada kelanjutannya, “yang paling penting adalah bagaimana kita melawan elit global dan menyelamatkan dunia dari segelintir orang-orang jahat.”

Fakta yang sesungguhnya adalah bahwa elit global ini hanyalah sebuah karangan belaka.

Elit global hanyalah sebuah ad-hoc hypothesis yang diciptakan untuk menambal sekian banyak hal yang tidak konsisten pada model Bumi datar. Elit global hanya ada karena tidaklah mungkin untuk menjelaskan teori Bumi datar tanpa memfitnah orang-orang lain melakukan konspirasi.

Mari kita analisis sebuah rantai ad-hoc hypothesis di bawah ini:

  1. Bumi bentuknya datar.
  2. Antartika adalah pinggir Bumi, bukan benua, tapi adalah tembok es raksasa yang mengelilingi Bumi.
  3. Kita tidak bisa ke sana untuk memastikannya, ada elit global yang melarang kita.

Tanpa adanya konspirasi di 3, nomor 2 masih akan menjadi hipotesis terbuka, dan hanya akan diketahui kebenarannya setelah kita mengirim tim penyelidik ke sana. Tapi mereka tak ingin kita mengetahui kenyataan sebenarnya! Maka, mereka tentukan saja bahwa tidaklah mungkin kita ke sana dengan jalan menciptakan teori konspirasi di 3. Dengan melakukannya, mereka tak memberikan kesempatan bagi siapapun untuk membuktikan nomor 2. Mereka hanya mengasumsikan 2 benar karena tidak akan pernah ada bukti sebaliknya. Jika ada orang yang pernah ke kutub Selatan, itu akan dituduh bohong, atau merupakan bagian dari konspirasi. Dengan cara ini, 1 tidak dapat dibuktikan tidak benar (tidak falsifiable) akibat adanya teori konspirasi pada 3, yang juga tidak falsifiable.

Satu-satunya cara untuk membuktikan keberadaan elit global adalah kembali ke langkah berikutnya dan membuktikan bentuk Bumi yang sebenarnya. Bumi itu bulat, maka tidaklah mungkin ada elit global yang menyembunyikan ‘fakta’ bahwa Bumi itu datar.

Referensi