Elit Global: Pengalihan Isu Dari Masalah Sebenarnya

Beberapa penganut Bumi datar menggunakan elit global sebagai jurus untuk kabur dari diskusi agar terlihat tidak kehilangan muka.

Saat tidak dapat membuktikan model Bumi datar, beberapa penganut Bumi datar akan mengatakan bahwa model Bumi datar itu masih dalam penelitian, dan wajar apabila belum sempurna. “Tapi,” tentunya ada kelanjutannya, “yang paling penting adalah bagaimana kita melawan elit global dan menyelamatkan dunia dari segelintir orang-orang jahat.”

Fakta yang sesungguhnya adalah bahwa elit global ini hanyalah sebuah karangan belaka.

Elit global hanyalah sebuah ad-hoc hypothesis yang diciptakan untuk menambal sekian banyak hal yang tidak konsisten pada model Bumi datar. Elit global hanya ada karena tidaklah mungkin untuk menjelaskan teori Bumi datar tanpa memfitnah orang-orang lain melakukan konspirasi.

Mari kita analisis sebuah rantai ad-hoc hypothesis di bawah ini:

  1. Bumi bentuknya datar.
  2. Antartika adalah pinggir Bumi, bukan benua, tapi adalah tembok es raksasa yang mengelilingi Bumi.
  3. Kita tidak bisa ke sana untuk memastikannya, ada elit global yang melarang kita.

Tanpa adanya konspirasi di 3, nomor 2 masih akan menjadi hipotesis terbuka, dan hanya akan diketahui kebenarannya setelah kita mengirim tim penyelidik ke sana. Tapi mereka tak ingin kita mengetahui kenyataan sebenarnya! Maka, mereka tentukan saja bahwa tidaklah mungkin kita ke sana dengan jalan menciptakan teori konspirasi di 3. Dengan melakukannya, mereka tak memberikan kesempatan bagi siapapun untuk membuktikan nomor 2. Mereka hanya mengasumsikan 2 benar karena tidak akan pernah ada bukti sebaliknya. Jika ada orang yang pernah ke kutub Selatan, itu akan dituduh bohong, atau merupakan bagian dari konspirasi. Dengan cara ini, 1 tidak dapat dibuktikan tidak benar (tidak falsifiable) akibat adanya teori konspirasi pada 3, yang juga tidak falsifiable.

Satu-satunya cara untuk membuktikan keberadaan elit global adalah kembali ke langkah berikutnya dan membuktikan bentuk Bumi yang sebenarnya. Bumi itu bulat, maka tidaklah mungkin ada elit global yang menyembunyikan ‘fakta’ bahwa Bumi itu datar.

Referensi

  • Safaldin

    Angaplah bahwa elite global itu tidak ada, namun, bagaimana tentang militer dan perjanjian antartika. Kenapa antartika tidak di jadikan tempat wisata seperti di kutub utara, apakah teknology jaman sekrang ga bisa ke sana, jika kita bermimpi akan berwisata di luar angkara yg tanpa udara saja bisa, knpa ga di antartika.

    • Informasi darimana Antartika tidak dijadikan tempat wisata? Kenyataannya saat ini ada banyak wisata ke Antartika, bisa melalui Argentina atau Chile. Atau bisa lewat udara dari Australia. Ada juga banyak cruise dengan tujuan Antartika. Semoga mencerahkan.

      • Safaldin

        Saya dapat informasi dari wiki dan beberapa sumber lainnya, tentang antartica treaty dan wisata di sana, orang berwisata di pinggiran antartica atau sekitarnya, kutub selatan bagian utara, yang artinya, bukan di antarticany. Rencana akan ada wisata ke luar angkasa, bahkan ada negara di luar angkasa seperti asgardia, sementara, antartica sendiri, orang2 masih sulit tibggal di sana, padahal di luar angkasa jauh lebih berbahaya, ga ada udara, ga ada air, ga ada apa2, yg ada malah radiasi yg ada.

        • Tidak. anda bisa saja kutub selatan jika mau. beberapa pihak bahkan sudah mengunjungi kutub selatan dan utara sekaligus. ini telah kami bahas di https://bumidatar.id/polar-circumnav . semoga mencerahkan.

          • Safaldin

            Perasaan udah gua balas, tpi ga ada, dan komen loe juga berubah, knapa di hapus komen gua…??

            Oke…
            Kita sudahi debate di artikel ini, lanjut ke artikel lain… 😀

          • kami tidak pernah menghapus komentar. mungkin ada masalah sewaktu anda menuliskannya.

          • sudah saatnya mengakui bahwa bumi itu globe? dan kutub sekatan bisa dikunjungi??

          • Safaldin

            Siapa bilang loe bisa menjelajahi kutub selatan, pesawat ga bisa melewatinya, cari aja video NASA, ini gua kasih link video singkatnya.

            https://m.youtube.com/watch?v=-yRED_fylrU

            Dan satu sagi, loe ga bisa ke antartika tanpa izin IAATO.

            semua perjalan di antartika harus dapat izin IAATO, artinya loe ga bebas, di batasi, dan klo loe pake kapal pesiar yg besar, jumlah penumpang yang turun ga lebih dari 100 orang/max 100 orang, supaya loe bisa di amati…

          • pesawat bisa melewati kutub selatan. darimana anda dapat kesimpulan pesawat tidak bisa melewati kutub selatan? dari video tersebut tak dapat disimpulkan demikian.

            untuk IAATO silakan baca FAQ mereka di sini: https://iaato.org/frequently-asked-questions , barangkali memang ada izin khusus untuk aktivitas tertentu. namun hal ini bukan hanya di antartika. di tempat lain seperti di taman nasional dan tempat dilindungi lainnya juga seperti itu.

            semoga mencerahkan.

          • Safaldin

            Gmana gua mau ngakuin bumi bulat, kalau ga ada satupun bukti bahwa bumi bulat…

      • Safaldin

        Sepertinya anda masih belum tau perbedaan antartika dan kutub selatan.
        Saya jelaskan…

        Benua Antartika ada di wilayah kutub selatan, Tapi tidak semua wilayah Kutub selatan, ada di wilayah antartika.

        Dan perlu anda ketahui, ketinggian gletser antartika rata2 mencapai 19 km, sedangkan ketinggian pesawat komersial hanya 12 km saja.

        Itu sebabnya tidak ada wisata ke antartika yang melalui pesawat lagi, sebelumnya ada, tpi pesawat itu menabrak gunung es.

        Dan satu kutipan yang saya ambil dari web antarctic itu sendiri.

        “Meski terdapat peneliti yang tinggal di kawasan dekat kutub selatan, tetap saja masih banyak tempat yang belum terjamah oleh manusia di daratan selatan bumi ini. Selain cuacanya yang ekstrem, tak semua wilayah di kutub selatan disinari oleh matahari.”

        Pertanyaanya…
        Jika di bumi kita ini saja (antartika) masih banyak yang belum terjamah, ngapain janjiin wisata keluar angkasa yg ga ada apa2ny…

        Mau aja di Php in…

  • Fauzi Van Java (Srikultur Nusa

    teori konspirasi menarik menurut sy, tp sy belum tentu percaya dgn teori ini, tp sy bingung, org2 ini adalah org2 yg menggugat sistem yg dzolim mnurut mreka. tp knpa mreka malah di cemoohkan dan di anggap gila. kan mreka mengatakan menggugat sistem yg dzolim, itu bgus dong, harus nya kita tanya ke mereka APANYA YANG DZOLIM. sy benci perdebatan di dunia ini bikin greget. klian beragument tp pd intinya tdk nyambung krn tdk ada solusi dan penyelesaian masing2 saling ego. coba tnya deh apa nya yg dzolim mnurut FE. sy dsni sbgai org yg netral saja krn bkn ahlinya.

    • mereka juga tidak tahu siapa yang dzolim. karena itu cuma asumsi yang diadakan untuk menutupi lubang menganga pada teori bumi datar. untuk mereka semakin misterius justru semakin bagus, karena dengan demikian semakin tidak mungkin bisa dibuktikan, baik oleh kita maupun mereka.