ETOPS

Featured Video Play Icon

ETOPS adalah aturan keamanan yang mengharuskan rute pesawat tak terlalu jauh dari bandara terdekat. Peringkat ETOPS yang lebih tinggi memungkinkan rute yang berjarak lebih jauh, tetapi memiliki aturan yang lebih ketat dan biaya yang lebih mahal.

Pada tahun 2021 belum ada rute penerbangan yang melintasi Antarktika. Kaum Bumi datar menjadikan itu “bukti” Bumi datar. Faktanya, tak ada bandara di Antarktika, sehingga rute penerbangan perlu menggunakan pesawat berperingkat ETOPS tinggi. Akibat biaya dan pasar yang terbatas, belum ada maskapai yang merasa rute tersebut menguntungkan.

Sebelum Februari 2015, aturan ETOPS hanya berlaku pada pesawat bermesin ganda. Pesawat dengan empat mesin tak diatur ETOPS. Itu sebabnya rute jarak jauh di selatan Khatulistiwa menggunakan pesawat bermesin empat seperti Boeing 747. Pesawat bermesin empat yang diproduksi setelah Februari 2015 mendapat peringkat ETOPS-180, dan dapat mengajukan peringkat ETOPS yang lebih tinggi.

Pesawat bermesin empat tidak seefisien pesawat bermesin dua. Selain itu ukurannya besar dan memuat banyak penumpang. Akibatnya, hanya rute antara kota-kota besar yang dapat secara konsisten memenuhi pesawat, dan itu pun tidak untuk setiap hari, atau bahkan setiap minggu. Hanya 10% dari seluruh manusia hidup di selatan Khatulistiwa, dan dengan demikian permintaan rute jarak jauh di selatan Khatulistiwa jauh lebih sedikit.

Berikut adalah potensi rute yang akan melintasi Antarktika di masa yang akan datang. Angka adalah jumlah populasi dari kota tersebut.

  • Perth (2.1 juta) – Santiago (7 juta)
  • Perth (2.1 juta) – Buenos Aires (15.6 juta)
  • Perth (2.1 juta) – São Paulo (21.6 juta)
  • Melbourne (5.2 juta) – São Paulo (21.6 juta)
  • Auckland (1.5 juta) – Cape Town (4 juta)
  • Auckland (1.5 juta) – Johannesburg (8 juta)

 Referensi