Fisheye Tak Selalu Bisa Dijadikan Alasan

Salah satu hal paling umum yang digunakan penganut Bumi datar untuk mendiskreditkan foto-foto lengkungan Bumi adalah efek lensa “Fisheye”.

Fisheye umumnya digunakan untuk astrofotografi, fotografi sains, pembuatan gambar panorama atau pada action camera (GoPro). Lensa fisheye digunakan apabila diperlukan sudut pandang yang besar, namun tidak diinginkan distorsi pada bagian luar gambar yang terjadi pada lensa ultrawide angle rectilinear. Lensa fisheye memiliki barrel distortion yang sangat kuat sehingga gambar hasilnya tidak terlihat seperti objek aslinya, terutama apabila objek mengandung garis lurus.

Namun bukan berarti kita sama sekali tak dapat mengenali garis lurus pada gambar hasil lensa fisheye. Ada satu sifat dari lensa fisheye yang dapat kita manfaatkan:

Garis lurus akan tetap lurus apabila garis tersebut melalui titik tengah pada gambar.

Sifat ini dapat kita manfaatkan untuk melakukan analisis dari foto-foto lengkungan bumi. Kita akan dapat membedakan mana lengkungan yang berasal dari efek fisheye, dan mana yang berasal dari objek aslinya.

Sifat ini bahkan berlaku untuk segala jenis distorsi yang terjadi pada lensa fotografi, bukan hanya distorsi barrel/fisheye. Lensa telephoto biasanya memiliki sedikit distorsi pincushion, dan lensa zoom umumnya memiliki distorsi wavy/mustache.

Jika garis yang melalui titik tengah gambar berbentuk lurus, maka bisa dipastikan objek aslinya juga lurus, apapun lensa yang digunakan. Sebaliknya, apabila garis yang melalui titik tengah gambar melengkung, maka bisa dipastikan objek aslinya juga melengkung.

Sifat ini lebih berguna untuk menganalisis video yang memperlihatkan horizon, karena pada video tak jarang garis horizon bergerak melewati titik tengah gambar. Kamu bisa pause video saat horizon berada pada titik tengah, dan melihat hasilnya. Jika horizon melengkung saat berada di titik tengah, maka horizon aslinya juga bisa dipastikan melengkung.

Tentunya sifat ini hanya berlaku apabila gambar tidak dicrop yang tidak tepat di tengah. Namun ini akan dengan mudah diketahui karena lengkungan akan menjadi tidak simetris.

Credit