Foucault Pendulum: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi

Foucault pendulum adalah sebuah eksperimen yang dilakukan pada tahun 1851 oleh Léon Foucault. Dalam eksperimen ini, digunakan sebuah bandul raksasa. Bandul tersebut akan berayun untuk waktu lama, dan selama itu dapat diamati gerak memutar yang diakibatkan oleh rotasi Bumi. Eksperimen ini membuktikan gerak rotasi Bumi.

Bagi penganut Bumi datar, Foucault pendulum adalah salah satu fakta yang perlu diserang sampai titik darah penghabisan. Mereka menciptakan berbagai macam ‘penjelasan’ untuk mendiskreditkan percobaan ini. Mereka salah. Foucault pendulum adalah percobaan yang dapat diulang, dan hasilnya akan konsisten sesuai dengan ekspektasi.

Dalam hal Foucault pendulum, kaum Bumi datar terbagi menjadi dua sekte:

Sekte ‘palsu’ akan mendiskreditkan Foucault pendulum sebagai palsu. Mereka akan katakan bahwa Foucault pendulum bisa bergerak seperti itu adalah karena sengaja dimanipulasi.

Mereka akan menjelaskan bahwa pada Foucault pendulum terdapat mekanisme fisik atau elektromagnetik untuk menggerakkannya selama terus menerus. Menurut mereka, mekanisme inilah yang disinyalir membuat pendulum berotasi. Mereka salah. mekanisme ini fungsinya untuk menjaga agar pendulum terus bergerak. Sama saja dengan pendulum aslinya, yang perlu diulang gerakannya beberapa kali dalam sehari.

Sekte ‘asli’ mengakui Foucault pendulum itu nyata, tetapi tak diakibatkan oleh gerak rotasi Bumi. Mereka menciptakan ad-hoc hypothesis untuk ‘menjelaskan’ Foucault pendulum, misalnya medan elektromagnetik dari bintang-bintang. Hipotesis mereka akan dapat dengan mudah disanggah dan tak mungkin menjelaskan gerak dari Foucault pendulum.

Mereka juga suka menggunakan Efek Allais, yaitu anomali yang terjadi saat terjadinya gerhana Matahari. Anomali ini masih kontroversial, namun tentunya bukan bukti Bumi datar.

Foucault pendulum akan berputar dengan kecepatan rotasi = 360° × sin φ / hari (φ = derajat lintang posisi). Hanya ada satu penjelasan mengapa Foucault pendulum bisa bergerak seperti itu: Bumi bulat dan berotasi pada porosnya.

Credit

Ilustrasi adalah Foucault Pendulum oleh Daryl Clark.

Referensi