Gerak Diri Bintang (Proper Motion)

Bintang memiliki gerakan sendiri, istilahnya adalah ‘gerak diri’ atau ‘proper motion’. Bintang akan terlihat bergeser relatif terhadap bintang-bintang lainnya di langit. Karena jarak bintang dengan kita sangat jauh, maka kita perlu melakukan pengamatan selama bertahun-tahun untuk dapat melihat gerakan ini.

Penganut Bumi datar umumnya berasumsi bahwa bintang tidak memiliki gerakan selain dari gerak melingkar mengelilingi Polaris. Tetapi ini adalah asumsi yang keliru. Bintang juga memiliki gerakan masing-masing.

Gerak diri bintang diukur dari perubahan posisinya terhadap bintang-bintang lain yang jaraknya lebih jauh.

Bintang dengan gerak diri terbesar adalah Bintang Barnard. Bintang ini bergerak dengan kecepatan sudut 10,3 busur detik/tahun, atau dengan kata lain, dalam 120 tahun, posisi bintang ini bergeser ±0,34° dari tempat awalnya. Untuk perbandingan, Bulan hanya membutuhkan waktu ±37 menit untuk bergeser sejauh itu.

Gerak diri bintang memang sangat kecil untuk diamati dengan waktu yang kita miliki, tetapi bukan berarti gerakan tersebut tidak ada.

Akibat gerak diri, ada bintang yang ‘terpaksa’ pindah domisili ke rasi tetangganya. Bintang pertama yang bernasib seperti ini adalah Rho Aquilae, yang pindah domisili dari rasi Aquila ke rasi Delphinus.

Referensi