Gerak Jatuh Bebas

Benda jatuh disebabkan oleh gravitasi. Massa Bumi mengakibatkan setiap benda di Bumi mengalami percepatan sebesar 9.8 m/s² yang arahnya ke bawah. Angka tersebut dinamakan ‘percepatan gravitasi’ yang biasa disebut dengan notasi ‘g’.

Kebanyakan penganut Bumi datar menolak adanya gravitasi. Menurut mereka benda jatuh karena densitas atau berat jenis, bukan gravitasi. Mereka salah.

Untuk menguji mereka, mari kita tanyakan kepada mereka sebuah soal cerita yang sangat sederhana:

Sebuah benda padat dijatuhkan dari ketinggian h. Sebelum benda tersebut sampai ke dasar, berapakah kecepatannya?

Soal cerita tersebut adalah soal cerita pelajaran fisika kinematika yang sangat dasar.

Penganut Bumi datar tak akan dapat menyelesaikan soal tersebut tanpa menggunakan percepatan gravitasi g = 9.8 m/s². Apabila ‘terpaksa’ mengerjakan soal ini, mereka akan bersungut-sungut dan dengan amat sangat berat hati menggunakan g = 9.8 m/s².

Untuk mempertahankan harga diri, beberapa di antara mereka akan menyebut percepatan gravitasi ini dengan istilah lain yang mereka ciptakan sendiri. Mazhab Bumi datar yang berbeda akan memiliki istilah yang berbeda pula.

Mereka bisa saja berdalih penyebab adanya gravitasi berbeda. Tetapi percepatan gravitasi tetaplah percepatan gravitasi, apapun namanya. Masalah dengan ‘gravitasi’ hanyalah semata-mata masalah branding. Brand ‘gravitasi’ tidak populer di kalangan mereka, jadi perlu disebut dengan nama yang lain, walaupun pada dasarnya praktis sama saja.

Ironisnya, setelah dengan bersusah payah mengklaim benda jatuh akibat densitas atau berat jenis, besar kemungkinan mereka juga tidak akan menggunakan densitas atau berat jenis untuk menyelesaikan soal cerita tersebut!

Jadi benda jatuh adalah karena percepatan gravitasi, dan bukan berat jenis atau densitas. Suka atau tidak suka, itu adalah hukum alam. Selera kita bukan faktor penentu.

Tapi mungkinkah menyelesaikan soal tersebut tanpa g=9.8m/s²?

Bisa saja, tapi tak akan keluar dari konteks gravitasi.

  • Menggunakan rumus gravitasi lengkap. Namun ini hanya memecah g menjadi komponen G, M dan r.
  • Mengasumsikan kejadian bukan di permukaan Bumi, maka g≠9.8m/s².
  • Menggunakan teori relativitas umum.

Referensi