Diagram Gerhana Matahari Total, Digambarkan Sesuai Skala

Diagram manapun yang menampilkan dua atau lebih benda angkasa nyaris tak pernah digambarkan sesuai dengan skala. Alasannya adalah pada kebanyakan kasus, dua benda angkasa terpisah dalam jarak yang terlalu jauh dibandingkan dengan ukurannya. Tidaklah mungkin menggambarkannya dalam skala yang benar dan tetap dapat menjelaskan apa yang ingin diterangkan. Kita tak memiliki pilihan selain menggambarnya tak sesuai skala.

Oknum-oknum Bumi datar menyebarkan tuduhan bahwa diagram-diagram tersebut tak digambarkan sesuai skala karena ada niat jahat di balik itu, bukan karena alasan teknis. Beberapa orang tak mengerti hal ini dan menjadi korban indoktrinasi Bumi datar.

Untuk mengilustrasikan hal ini, kami membuat diagram dari fenomena gerhana Matahari total, digambar sesuai skala dengan menggunakan diagram multi-skala. Metoda ini memiliki kelebihan dapat menampilkan skala yang benar, tetapi mudah-mudahan tetap dapat menjelaskan terjadinya fenomena gerhana Matahari total. Kelemahannya adalah diagram tersebut jauh lebih sulit dibuat dan sedikit lebih sulit dimengerti daripada diagram pada umumnya yang digambar tidak dalam skala yang sesungguhnya.