Perjalanan James Cook

James Cook melakukan tiga kali perjalanan yang terkenal. Yang sering dibahas dalam perbincangan mengenai Bumi datar adalah perjalanannya yang kedua. Pada perjalanan ini, James Cook ditugasi kerajaan Inggris untuk mencari benua Terra Australis. Benua Terra Australis merupakan hipotesis yang dulu diperkirakan berada di lautan Pasifik Selatan. Perjalanan James Cook membuktikan bahwa benua ini tidak ada.

Penganut Bumi datar menganggap perjalanan James Cook ini sebagai ‘bukti’ bahwa Antartika bukanlah benua, tetapi daratan besar yang mengelilingi Bumi. Dalihnya adalah James Cook melakukan perjalanan lebih dari 60000 mil, dan 60000 mil itu jauh lebih panjang daripada keliling Antartika. Mereka salah.

James Cook ditugasi untuk mencari benua Terra Australis, bukan hanya untuk mengelilingi Antartika. Dalam perjalanannya, beliau mengunjungi sangat banyak pulau-pulau di lautan Pasifik Selatan dan juga lautan Atlantik.

Berdasarkan perhitungan kami, angka 60000 mil adalah jarak perjalanan beliau mulai dari Tanjung Harapan (Cape of Good Hope) sampai kembali lagi ke tempat yang sama.

Penganut Bumi datar hanya melihat angka 60000 mil dan membandingkannya dengan keliling Antartika; lalu mereka dengan terburu-buru menyimpulkan pasti ada apa-apanya. Namun apabila kita lihat dengan teliti rute perjalanannya, angka tersebut adalah wajar, dan tak membutuhkan penjelasan yang luar biasa.

Ilustrasi

Ilustrasi adalah plot perjalanan James Cook pada peta dengan proyeksi azimuthal equidistant. Data perjalanan diambil dari KML milik Digital Archives and Pacific Cultures, setelah di lakukan beberapa perbaikan.

Referensi