Kawah Tycho

Kawah Tycho adalah kawah di Bulan berdiameter 85 km. Ukurannya terlalu kecil untuk dilihat oleh mata telanjang. Tetapi posisinya berada di dataran tinggi berwarna terang yang dapat terlihat seperti kawah itu sendiri. Kawah ini juga memiliki ray system besar, yang berasal dari materi yang terlempar saat Kawah Tycho pertama kali terbentuk.

Kaum Bumi datar mengklaim terlihatnya Kawah Tycho sebagai ‘bukti’ Bulan berjarak dekat. Mereka salah. Kita tak dapat melihat Kawah Tycho dengan mata telanjang. Yang terlihat sebenarnya adalah dataran tinggi yang berwarna cerah atau ray system dari kawah tersebut.

Beberapa kaum Bumi datar “membuktikan” kenampakan Kawah Tycho dengan melihat gambar Bulan di layar komputer. Hal ini tentunya tak dapat dijadikan patokan. Gambar tersebut diambil menggunakan kamera dengan resolusi tinggi yang dapat mengambil gambar lebih tajam daripada apa yang dapat dilakukan oleh mata manusia.

Mata manusia memiliki resolusi angular sebesar 1 busur menit (~0.17°). Kawah Tycho berukuran 85 km dan jaraknya 384400 km dari kita, maka ukuran sudut dari Kawah Tycho adalah arctan(85 km / 384400 km) = 0.13°. Karena ukuran sudut dari Kawah Tycho lebih kecil daripada resolusi angular mata kita, maka bentuk dari Kawah Tycho tak akan terlihat oleh mata kita.

Jika ingin melakukan simulasi menggunakan layar komputer, mereka perlu memperbesar jarak dari layar komputer. Bulan memiliki ukuran sudut 0,52° jika diamati dari Bumi. Karena itu, Bulan berukuran 20 cm di layar komputer baru akan terlihat kurang lebih sama dengan Bulan aslinya jika pengamat berada di jarak 20 cm * tan(0,52°) = 22 meter di depan layar komputer tersebut.

Referensi