Kemiringan Gedung Akibat Lengkungan Bumi

Beberapa penganut Bumi datar mengklaim bahwa jika permukaan Bumi melengkung, maka sebuah bangunan yang berjarak jauh seharusnya akan miring kearah menjauhi kita. Tetapi karena kita tidak pernah mengamati fakta ini, mereka menyimpulkan bahwa tidak ada lengkungan.

Pengambilan kesimpulan tersebut sebenarnya benar, namun mari kita lihat apakah mengamati kemiringan gedung akibat lengkungan permukaan Bumi adalah hal yang realistis untuk dilakukan.

Keliling Bumi adalah 40075 km. Jadi jika kita ingin sebuah bangunan untuk miring 1° akibat lengkungan permukaan Bumi, bangunan tersebut harus berjarak 40075 km / 360° = 111 km dari kita.

Tetapi, pada jarak 111 km, sekitar 800 m dari bangungan tersebut akan tertutup oleh kelengkungan Bumi! Kita bahkan tak dapat mengamati bangunan dalam jarak tersebut. Saat ini, hanya Burj Khalifa yang terlihat dari jarak 111 km. Itupun, hanya sebagian kecil dari bagian atasnya saja yang terlihat.

Kemiringan 1° pun bukanlah sudut yang besar. Kita tak akan dapat membedakan antara bangunan yang lurus, dan bangunan yang miring 1°; setidaknya tanpa melakukan pengkuran dengan presisi yang tinggi.

Jadi dapat dengan mudah kita simpulkan bahwa tidaklah realitis untuk dapat mengamati kemiringan gedung yang diakibatkan oleh kelengkungan permukaan Bumi.