Arah Kiblat di Amerika Utara

Garis lurus pada peta menuju Mekah belum tentu merupakan arah kiblat yang benar karena adanya distorsi pada peta. Arah kiblat yang benar perlu ditentukan melalui perhitungan jarak great-circle pada model Bumi bulat.

Oknum Bumi datar gemar memperlihatkan bahwa arah kiblat di Amerika Utara tidak mengarah ke Mekah pada peta Mercator. Lalu mereka menunjukkan bahwa arah kiblat berdasarkan “peta Bumi datar” sekilas sama dengan arah kiblat yang benar. Mereka salah. Hal ini hanya ketidakpahaman mereka mengenai distorsi peta.

Garis lurus di peta belum tentu lurus pada kenyataan. Jika kita menarik garis lurus antara Los Angeles dan Mekah di peta Mercator, itu tidaklah menggambarkan jarak terdekat antara kedua lokasi. Untuk mencari jarak terdekat antara Los Angeles dan Mekah, perlu dilakukan dengan cara metode great-circle.

Agar mudah dipahami, kita dapat menggunakan alat peraga tali/benang dan globe. Tariklah tali/benang sepanjang permukaan globe antara sebuah lokasi di Amerika Utara dan Mekah. Dapat kita lihat bahwa jarak terdekat dari Amerika Utara ke Mekah akan melintasi lokasi dekat Kutub Utara, dan jauh dari garis lurus pada peta Mercator.

Jika rute terdekat tersebut digambarkan pada peta Mercator, hasilnya akan melengkung ke atas. Hal ini terjadi karena peta adalah proyeksi dari bentuk Bumi yang bulat ke bidang datar, sehingga akan memiliki distorsi.

Untuk posisi Los Angeles, jika dihitung dengan teliti, sebenarnya arah ke Mekah yang dihitung berdasarkan “peta Bumi datar” itu melenceng sekitar 12° dari arah kiblat yang sesungguhnya, yang digunakan oleh warga Muslim Los Angeles untuk beribadah.

Referensi