Arah Kiblat di Amerika Utara

Setelah memperhatikan arah kiblat di Amerika Serikat atau Kanada, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya. Mengapa arah kiblat tidak lurus ke kota Mekah?

Bagi pihak-pihak tertentu dengan imajinasi yang ekstrem, ‘keanehan’ ini akan diinterpretasikan secara berlebihan, “Pasti ada apa-apanya!” Padahal, penjelasan di balik itu sangatlah sederhana.

Peta Mercator yang paling sering kita lihat itu bukanlah bentuk Bumi sebenarnya. Itu hanyalah cara paling populer untuk menggambarkan bentuk Bumi bulat pada sebuah bidang datar.

Garis lurus pada peta Mercator belum tentu menggambarkan garis lurus pada bentuk Bumi sebenarnya. Pada peta Mercator, garis lurus hanya akan lurus pada Bumi apabila sejajar atau tegak lurus dengan khatulistiwa.

Mayoritas umat Muslim di Amerika utara menggunakan arah great circle untuk menentukan kiblat. Dengan kata lain, arah menuju Mekah yang terdekat adalah arah kiblat yang mereka gunakan.

Untuk menentukan arah ini, kamu bisa gunakan seutas benang dan globe. Kamu akan dapat dengan mudah memahami arah terdekat ke kota Mekah belum tentu sama dengan garis lurus pada peta Mercator. Kamu juga akan dapat mengamati bahwa garis lurus rute terdekat pada globe akan berbentuk melengkung apabila diplot pada peta Mercator, dan terkesan melingkar.

Mercator hanyalah satu metoda proyeksi bentuk Bumi pada bidang datar. Ada banyak proyeksi lainnya. Proyeksi-proyeksi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu memiliki keraguan, kamu dapat amati globe, yang merupakan representasi bentuk Bumi yang lebih akurat daripada peta pada bidang datar.