Kilauan/Glare Membuat Matahari Terlihat Lebih Besar

Matahari dari Bumi terlihat berukuran sama, dengan ukuran sudut sekitar 0.53°, dan tak berubah sepanjang hari. Namun cahaya Matahari sangatlah terang dan menimbulkan kilauan/glare di sekelilingnya. Karena sangat terang, kilauan/glare yang ditimbulkan tak dapat dibedakan dari objek Matahari yang sebenarnya.

Saat sore hari menjelang terbenam, intensitas cahaya Matahari berkurang akibat harus menembus atmosfer Bumi yang tebal. Karena intensitas berkurang, kilauan/glare juga akan berkurang. Akibatnya Matahari terkesan mengecil.

Kaum Bumi datar menggunakan fenomena ini sebagai ‘bukti’ Matahari menjauh dan bukan terbenam. Mereka salah.

Penyebab kilauan/glare bermacam-macam, namun sumber utamanya adalah cahaya yang jauh lebih terang daripada objek di sekelilingnya. Kilauan/glare bisa terjadi karena tersebarnya cahaya akibat partikel pada atmosfer Bumi. Kilauan/glare juga bisa terjadi karena refleksi cahaya pada bagian dari perangkat fotografi.

Intensitas sinar yang berasal dari kilauan/glare lebih kecil daripada intensitas sinar yang berasal langsung dari Matahari, tetapi tetap lebih besar daripada kemampuan kamera untuk membedakannya. Oleh karena itu sinar Matahari dan kilauan/glare-nya terlihat seperti satu objek saja.

Untuk mengamati Matahari tanpa glare, maka exposure kamera perlu diturunkan. Masalahnya adalah pada setting exposure yang terkecil pun, sinar Matahari di siang hari masih terlalu terang untuk dapat diambil gambarnya dengan exposure yang benar. Untuk itu, biasanya digunakan filter matahari (solar filter) yang dipasang di depan lensa untuk menurunkan intensitas sinar Matahari.

Untuk simulasi, penulis mencoba membuat kilauan/glare dengan menggunakan flash kamera dengan remote trigger. Kepala flash ditutupi dengan kertas tebal yang dibolongi supaya bentuk cahayanya mirip dengan Matahari. Hasilnya kilauan/glare bisa dengan mudah terlihat apabila setting flash cukup terang. Supaya tidak terlihat kilauan/glare, bisa dilakukan dengan memperkecil exposure. Pada percobaan penulis, setelah exposure diperkecil 9 EV, kilauan/glare praktis tidak lagi terlihat.

Peringatan: Jangan melakukan percobaan kilauan/glare langsung dengan Matahari, karena berbahaya untuk kesehatan mata dan bisa juga merusak peralatan fotografi. Untuk fotografi Matahari, selalu gunakan solar filter, kecuali pada sudut yang rendah, saat terbit atau terbenam.

Referensi