Kompresi Perspektif: Memperjelas Terlihatnya Lengkungan

Foto-foto tiang listrik dan jalan bebas hambatan Danau Pontchartrain dari Soundly sudah sering membuat kontroversi. Foto dan video tersebut dengan jelas memperlihatkan adanya lengkungan Bumi. Bagi kita semua, foto dan video tersebut hanyalah sebuah konsekuensi dari fakta bentuk Bumi yang bulat.

Tapi kaum Bumi datar tak mau terima, dan berbagai macam alasan mereka ciptakan agar foto dan video ini tak lagi sah menjadi alat bukti kelengkungan Bumi. Salah satunya adalah dengan mencari sudut pandang lain dimana sangat sulit untuk menyimpulkan adanya lengkungan.

Foto dan video dari Soundly umumnya diambil dari sudut pandang dekat dengan objek tiang listrik atau jalan tol. Dia menggunakan lensa tele mengarah ke ujung objek di kejauhan. Dengan demikian tak sulit untuk melihat adanya lengkungan. Sama saja apabila kita ingin tahu apakah meja kita rata, kita dapat sejajarkan mata kita dengan permukaan meja. Metode ini dinamakan kompresi perspektif (perspective compression).

Tapi kaum Bumi datar tak seperti itu. Mereka menuntut lengkungan sekecil apapun bisa terlihat dari berbagai macam sudut pandang. Dengan analogi meja tadi, mereka praktis menuntut lengkungan harus bisa terlihat dari atas meja. “Jika tidak, maka tidak ada lengkungan!”

Hanya karena mereka memilih sudut pandang yang tak mungkin memperlihatkan lengkungan, tentu saja bukan berarti lengkungannya tidak ada.

Referensi