Kutipan Pernyataan Einstein Yang Dipotong

Einstein adalah salah satu korban pengutipan penganut Bumi datar. Pernyataannya dikutip secara sepotong dan ditempatkan tidak sesuai dengan konteksnya.

Kutipan tersebut berasal dari kuliah yang diberikan Einstein di Kyoto, tanggal 14 Desember 1922. Einstein menceritakan pengalamannya dalam menemukan Teori Relativitas Khusus.

While I was thinking of this problem in my student years, I came to know the strange result of Michelson’s experi-
ment. Soon I came to the conclusion that our idea about the motion of the Earth with respect to the ether is incor-
rect, if we admit Michelson’s null result as a fact. This was the first path which led me to the special theory of relati-
vity. Since then I have come to believe that the motion of the Earth cannot be detected by any optical experiment, though the Earth is revolving around the Sun.

Yang ditulis tebal adalah kutipan yang sering beredar di kalangan penganut Bumi datar. Tentunya ini sangat tidak bertanggung jawab karena isi dari kuliah Einstein sama sekali tidak ada hubungannya dengan bentuk atau gerak Bumi. Terlebih lagi pernyataan sesudahnya (yang bahkan masih pada kalimat yang sama) jelas-jelas menyatakan bahwa Bumi mengelilingi Matahari.

Yang dimaksud oleh ‘optical experiment’ adalah percobaan Michelson-Morley. Sebelum ada Teori Relativitas, penjelasan yang diakui saat itu adalah bahwa alam semesta dipenuhi oleh sesuatu yang dinamakan aether. Teori aether diformulasikan untuk menjelaskan mengapa cahaya bisa merambat di dalam ruang hampa, tidak seperti kebanyakan gelombang lainnya.

Percobaan Michelson-Morley tidak bisa membuktikan keberadaan aether karena tidak ditemukannya perbedaan kecepatan cahaya pada sudut yang berbeda, walaupun diketahui bahwa Bumi bergerak. Ini yang dimaksud Einstein dengan pernyataannya.

Referensi