Bintang-Bintang di Langit Selatan: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi Pada Porosnya

Featured Video Play Icon

Jika kita berada di Bumi bagian selatan dan melihat ke langit bagian selatan, kita akan melihat bintang-bintang yang sama di mana pun posisi kita. Bintang-bintang tersebut mengitari sumbu bintang selatan yang berada di rasi Octans, dekat dengan bintang Sigma Octantis.

Fenomena ini tak dapat dijelaskan pada model Bumi datar.  Jika kita lihat peta yang mereka klaim sebagai “peta Bumi datar”, seharusnya kita akan melihat bintang yang berbeda-beda. Ini karena model Bumi datar tidaklah sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Untuk contoh, mari kita gunakan lima kota: Sydney (Australia), Pape’ete (Tahiti, Polinesia Perancis), Santiago (Chile), Johannesburg (Afrika Selatan) dan Jakarta (Indonesia).

Jika Bumi datar, maka pengamat di lima kota tersebut akan saling membelakangi dan dengan demikian tidak mungkin semuanya dapat melihat bintang yang sama persis. Namun pada kenyataannya, semua pengamat di lima kota tersebut dapat mengamati bintang-bintang yang sama persis, hanya orientasinya berbeda pada waktu yang sama.

Model Bumi datar mustahil menjelaskan fenomena ini. Fenomena tersebut terjadi karena bentuk Bumi yang adalah bulat, bukan datar seperti yang diklaim oleh kaum Bumi datar.

Referensi