Uji Laser Kaum Bumi Datar Tidak Valid

Kaum Bumi datar gemar melakukan uji laser untuk “membuktikan” tidak ada lengkungan Bumi. Jika mereka melihat sinar laser yang dipancarkan dari seberang danau atau laut, maka mereka dengan keliru menyimpulkan tidak ada lengkungan Bumi. Hal ini hanyalah akibat ketidaktahuan mereka mengenai sifat laser.

Sinar laser bersifat menyebar, dan tidak akan selamanya terfokus. Pemancar sinar laser dengan divergensi 1 mRad akan menghasilkan lebar sinar laser sebesar 10 meter pada jarak 10 km. Tak seperti yang mereka pikir, sinar laser tidak akan merambat dengan ketinggian konstan di atas permukaan laut atau danau.

Laser juga adalah cahaya, dan seperti cahaya lain juga dipengaruhi oleh refraksi atmosfer. Pada kebanyakan kasus, refraksi atmosfer akan membelokkan rambatan laser mengikuti lengkungan Bumi. Sinar laser yang merambat sangat dekat dengan permukaan akan mendapatkan efek refraksi tertinggi, dan akan dibelokkan dengan lebih tinggi pula.

Akibat refraksi atmosfer, objek di kejauhan yang terlihat dekat dengan horizon akan terlihat terdistorsi, terkompresi, dan kabur. Pengamat akan sulit untuk mengenali bentuk objek yang dekat dengan horizon. Tetapi sinar laser yang sangat terang dan tak berbentuk akan terlihat dengan jelas pada bagian yang dekat dengan horizon yang terkompresi, apalagi dengan latar belakang yang gelap.

Referensi