Mengamati Merkurius dan Venus

Merkurius dan Venus memiliki orbit lebih dekat ke Matahari dibandingkan Bumi. Untuk mengamati keduanya, hanya bisa dilakukan beberapa saat setelah Matahari terbenam atau sebelum Matahari terbit, atau pada siang hari apabila kondisinya tepat.

Banyak kaum Bumi datar yang berpendapat bahwa seharusnya tidak mungkin bisa mengamati Merkurius dan Venus. Mereka salah.

Saat malam hari, pandangan kita tidak mutlak hanya memiliki arah ke arah luar dari datangnya sinar Matahari. Sesaat setelah Matahari terbenam, atau sesaat sebelum Matahari terbit, kita masih memiliki pandangan ke arah bagian dalam dari tata surya, dan karena itu kita masih dapat mengamati kedua planet inferior: Merkurius dan Venus.

Untuk dapat mengamati benda langit, umumnya syarat yang harus dipenuhi adalah Matahari harus di bawah horizon, atau dengan kata lain harus malam hari. Alasannya adalah sinar Matahari dihamburkan oleh atmosfer Bumi, dan menyebabkan langit Bumi terlihat bercahaya warna biru. Jika benda langit tidak lebih terang daripada sinar Matahari yang dihamburkan ini, maka benda langit tersebut tidak terlihat di siang hari.

Venus adalah benda langit paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Terkadang, Venus sudah dapat diamati walaupun Matahari belum terbenam. Bahkan bukan tak mungkin Venus bisa diamati di tengah hari kalau seluruh kondisi mendukung.

Sudut terbesar Merkurius dari Matahari adalah 28°, maka Merkurius bisa diamati maksimum 112 menit setelah Matahari terbenam atau sebelum Matahari terbit. Untuk Venus, sudut terbesar dari Matahari adalah 47°, dan bisa diamati maksimum sekitar 3 jam setelah Matahari terbenam atau sebelum Matahari terbit.

Jika Merkurius atau Venus dapat diamati sesaat setelah Matahari terbenam, maka umumnya tak dapat diamati sebelum Matahari terbit. Ini akibat kedua planet baru akan terbit setelah Matahari terbit. Dan sebaliknya juga berlaku: apabila dapat diamati sebelum Matahari terbit, maka tak akan dapat diamati setelah Matahari terbenam. Namun ini hanya kondisi umum, bisa saja kedua planet terlihat di kedua waktu, misalnya jika pengamat berada di kutub.

Referensi