Cara Kerja Mesin Roket Dalam Ruang Hampa

Jika kita berjalan dengan menapakkan kaki, burung terbang dengan mendorong udara menggunakan sayap dan ikan berenang dengan mendorong air menggunakan sirip; lalu bagaimana roket di ruang hampa dapat bergerak?

Roket dapat bergerak di luar angkasa dengan memanfaatkan fenomena alam yang dijelaskan oleh hukum aksi-reaksi dan hukum kekekalan momentum.

Cara kerja roket adalah dengan melepaskan massa dengan kecepatan yang sangat tinggi. Massa ini disebut dengan istilah ‘propelan’, dan perlu dibawa oleh roket. Propelan bisa saja memiliki energi, atau dengan kata lain juga merangkap sebagai bahan bakar.

Selain propelan, roket tentu saja perlu membawa bahan bakar. Dan karena di luar angkasa tidak ada oksigen, selain bahan bakar, roket juga perlu membawa oksidatornya.

Roket dapat pula bertenaga listrik dengan menggunakan mesin pendorong ion (ion thruster). Pada mesin ion, roket dapat memanfaatkan energi dari matahari melalui panel surya. Untuk propelan, contohnya adalah gas xenon. Gaya yang dihasilkan oleh mesin ion relatif kecil, sehingga untuk peluncuran roket dari permukaan bumi, mesin ion tak dapat digunakan.

Hukum fisika yang dimanfaatkan oleh roket adalah hukum kekekalan momentum dan hukum aksi-reaksi (disebut juga dengan hukum ketiga Newton).

Referensi

Credit

  • Ilustrasi bersumber dari film WALL-E, © Disney & Pixar.