Nama Nikola Tesla Tidak Dihapus Dari Sejarah

Nikola Tesla adalah salah satu ilmuwan yang memiliki jasa sangat besar. Karena itu, nama Nikola Tesla diabadikan sebagai nama untuk sangat banyak hal.

Banyak teori konspirasi yang mencatut nama Nikola Tesla, termasuk konspirasi Bumi datar. Mereka menganggap Tesla adalah ilmuwan Bumi dataryang temuannya disembunyikan oleh pihak-pihak tertentu. Nama Tesla pun katanya dihapus dari sejarah dan buku-buku pelajaran. Namun semua cerita itu tidaklah benar.

Dunia sains menganggap Tesla sebagai salah satu orang yang berjasa besar. Tak ada yang menghapus nama Tesla dari sejarah. Nama Tesla saat ini diabadikan untuk berbagai macam keperluan. Contoh:

  • IEEE membuat penghargaan bagi inovator energi listrik yang bernama IEEE Nikola Tesla Award.
  • Telsa adalah nama produsen mobil listrik terkemuka.
  • Bandara terbesar di Serbia dinamakan Nikola Tesla Airport.
  • Sebuah planet minor dan sebuah kawah di Bulan diberi nama ‘Tesla’.

Tak hanya itu, nama Tesla diabadikan sebagai nama satuan fluks magnetik pada SI. Namanya setara dengan ilmuwan lain yang namanya digunakan sebagai nama satuan seperti Ampere, Kelvin, Becquerel, Coulomb, Farad, Gray, Henry, Hertz, Joule, Newton, Ohm, Pascal, Siemens, Sievert, Volt, Watt dan Weber. Siapapun yang mempelajari magnetisme atau elektromagnetisme, pasti mengenal satuan Tesla.

Tesla adalah ilmuwan sejati. Walaupun namanya sering dicatut oleh oknum-oknum penyebar hoax Bumi datar, hal tersebut tak sedikit pun mengurangi jasa-jasa beliau. Kita hanya perlu kritis dalam memilah mana yang bagian dari sejarah, dan mana yang hanya merupakan asumsi dari kaum Bumi datar dan teori konspirasi lainnya.

Referensi