Isaac Newton dan Hukum Gravitasi Universal

Isaac Newton menemukan hukum gravitasi, yang mampu menjelaskan gerak benda langit yang diketahui saat itu. Dia juga menunjukkan bahwa hukum yang sama juga yang menyebabkan benda sehari-hari jatuh ke bawah.

Newton menulis bahwa dia belum dapat menemukan penyebab gravitasi & menolak untuk berspekulasi. Kaum Bumi datar menjadikan hal tersebut sebagai “bukti” Newton berbohong dan sebenarnya tak tahu gravitasi. Mereka salah. Hanya karena Newton tak tahu penyebab gravitasi, bukan berarti gravitasi salah.

Tahun 1687, Isaac Newton menulis buku  “Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica” yang menjelaskan hukum gerak, hukum gravitasi universal, dan penurunan hukum gerak planet Kepler.

Pada edisi keduanya yang diterbitkan tahun 1713, Newton menambahkan esai “General Scholium”. Di sini Newton membuat pernyataan “hypotheses non fingo” yang terkenal. Dia mengatakan belum dapat menemukan penyebab dari sifat-sifat fenomena gravitasi yang diketahuinya, dan menolak untuk berspekulasi.

Singkatnya, Newton mengetahui bagaimana gravitasi bekerja sesuai dengan hukum gravitasi universalnya. Dia hanya tak mengetahui apa yang menyebabkannya. Hanya karena Newton tak tahu penyebabnya, bukan berarti hukum gravitasi universal Newton itu salah.

Referensi