Kenampakan Bumi dari ISS

International Space Station, atau ISS, mengorbit Bumi hanya pada ketinggian 400 km di atas permukaan Bumi, hanya 6% lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan permukaan Bumi. Karena itu, hanya sedikit permukaan Bumi yang terlihat dari ISS pada satu waktu.

Kaum Bumi datar gemar mengamati foto-foto Bumi yang diambil dari ISS dan membandingkannya dengan foto-foto lain yang diambil dari jarak yang lebih jauh. Mereka lalu menyimpulkan adanya perbedaan sebagai inkonsistensi. Faktanya, ISS hanya dapat mengamati sangat sedikit bagian dari Bumi, tak seperti wahana antariksa yang berjarak lebih jauh.

Karena ISS masih berjarak sangat dekat dari permukaan Bumi, foto-foto bagian permukaan Bumi akan terlihat lebih besar relatif terhadap bagian Bumi yang terlihat di foto tersebut.

Dari ISS, keseluruhan Bumi terlihat dengan diameter sudut sekitar 140°. Tak ada banyak kamera yang dapat menampilkan Bumi secara keseluruhan, dan tak ada lensa rektilinear yang dapat melakukannya. Itu sebabnya lensa fisheye sering digunakan untuk mengambil gambar Bumi dari ISS.

Foto Earthrise dari Apollo 8 diambil dengan menggunakan kamera berlensa 250mm pada ukuran sensor 70mm, dengan lebar bidang pandang sekitar 17°. Dari ISS, kamera yang sama tidak akan dapat mengambil keseluruhan Pulau Jawa.

Referensi