Pesawat Terbang dan Gerak Rotasi Bumi

Pesawat terbang berada di Bumi dan memiliki gerak yang sama dengan permukaan Bumi, termasuk gerak akibat dari gerak rotasi Bumi. Yang kita sebut sebagai gerak atau kecepatan dari pesawat itu sendiri adalah gerak  atau kecepatan pesawat yang dinilai relatif terhadap permukaan Bumi.

Kaum Bumi datar mengklaim karena rotasi Bumi, pesawat terbang seharusnya tidak akan dapat terbang mengarah ke Timur dan tidak akan dapat mendarat. Mereka salah. Gerak pesawat adalah relatif terhadap Bumi. Pesawat telah memiliki komponen kecepatan Bumi dan tidak perlu mengejar gerak rotasi Bumi.

Hukum pertama Newton mengatakan:

“Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja mengubahnya.”

Saat masih parkir di landasan, pesawat sebenarnya telah memiliki kecepatan yang sama dengan permukaan Bumi. Saat tinggal landas, pesawat akan menambah kecepatan dan mengubah kecepatannya relatif terhadap permukaan Bumi.

Atmosfer Bumi adalah bagian dari Bumi dan praktis bergerak dengan kecepatan sama dengan permukaan Bumi. Pesawat bergerak dengan medium udara, dan bekerja dengan cara mendorong udara. Akibatnya, pesawat bergerak relatif terhadap atmosfer, dan juga permukaan Bumi.

Referensi