Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub

Menurut beberapa korban paham Bumi datar, tidak ada penjelajah yang berhasil mengelilingi Bumi melalui kedua kutub. Yang ada hanyalah penjelajah yang mengelilingi Bumi sejajar dengan garis khatulistiwa, seperti James Cook atau Ferdinand Magellan. Karena jika ada, maka runtuhlah teori Bumi datar dalam seketika.

Ternyata hal tersebut tidak benar. Ada beberapa penjelajah yang sudah pernah melakukan hal tersebut. Dari sekilas pencarian di Internet, kami dapat menemukan paling tidak ada tujuh penjelajah yang telah atau sedang melakukannya.

Tanggal 14–17 November 1965, Kapten Fred Lester Austin, Jr. dan Harrison Finch lepas landas dari Honolulu, Amerika Serikat untuk mengelilingi Bumi melalui kedua kutubnya.

Rute perjalanan: Honolulu, Amerika Serikat – Kutub Utara – London, Inggris – Lisbon, Portugal – Buenos Aires, Argentina – Kutub Selatan – Christchurch, Selandia Baru – Honolulu, Amerika Serikat.

Tahun 1977, PanAm Flight 50 mengelilingi Bumi melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan dalam rangka ulang tahun ke-50 PanAm.

Rute perjalanan: San Francisco, Amerika Serikat – Kutub Utara – London, Inggris – Cape Town, Afrika Selatan – Kutub Selatan – Auckland, Selandia Baru – San Francisco, Amerika Serikat.

Tahun 1979,  Sir Ranulph Fiennes and Charles R. Burton berangkat dari Greenwich, Inggris menuju Kutub Selatan, dan kemudian menuju utara ke Kutub Utara dan kembali lagi ke Greenwich. Perjalanan ini dicatat oleh Guinness Book of World Records sebagai perjalanan darat mengelilingi Bumi melalui kedua kutub yang pertama.

Rute perjalanan: Greenwich, Inggris – Cape Town – Afrika Selatan – Kutub Selatan – Auckland, Selandia Baru – Sydney, Australia – Los Angeles, Amerika Serikat – Vancouver, Kanada – Yukon River, Kanada – Kutub Utara – Greenwich, Inggris.

Tahun 1988-1989, Dick Smith mengelilingi Bumi melalui kedua kutub menggunakan pesawat Twin Otter.

Tahun 1992, Michael Palin membuat film dokumenter untuk BBC dengan isi petualangannya menjelajahi Bumi mulai dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan.

Rute perjalanan: Kutub Utara – Nord Base, Greenland – Svalbard, Norwegia – Norwegia – Helsinki, Finlandia – Leningrad, Uni Sovyet (sekarang St. Petersburg) – Kiev, Uni Sovyet – Odessa, Uni Sovyet – Istanbul, Turki – Limassol, Cyprus – Cairo, Mesir – Khartoum, Sudan – Addis Ababa, Ethiopia – Nairobi, Kenya – Serengeti, Tanzania – Lusaka, Zambia – Victoria Falls, Zimbabwe – Cape Town, Afrika Selatan – Rio de Janeiro, Brazil – Santiago, Chile – Kutub Selatan.

Tahun 2009, penerbangan TAG Transpolar08 mengelilingi Bumi melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan, dan sekaligus memecahkan rekor kecepatan, dengan kecepatan rata-rata sebesar 822.8 km/jam.

Rute perjalanan: Farnborough, Inggris – Kutub Utara – Whitehorse, Yukon, Kanada – Majuro, Kep. Marshall – Christchurch, Selandia Baru – Kutub Selatan – Punta Arenas, Chile – Sal, Cape Verde – Farmborough, Inggris.

Saat artikel ini ditulis (November 2017), Mike Horn sedang melakukan perjalanan yang sama. Beliau sudah melewati Kutub Selatan dan dalam perjalanan menuju Kutub Utara. Diperkirakan tahun depan perjalanan ini akan selesai.

Referensi

  • anonymous

    Permisi gan ane netral,
    nanya kalau perjalanan pesawat melewati Antartika ada gak? Sebagai contoh mengunakan peta bumi bulat dengan perjalanan Australia ke Argentina biar lebih dekat kita melewati Antartika ke Argentina tapi kenapa nggak ada pesawat yang melewati antartika, disamping itu kan unik bila kita melewati Antartika walaupun misalkan tidak posko bandara di sana tapi kenapa tidak dibuat, biar tidak terlalu sepi diadakan wisata disekitar bandara
    Kalau bisa post juga jawabannya di web jangan di kirim lewat email
    Sekian penjelasanya gan
    Terimakasih

    • Pertama, karena memang tidak ada penerbangan yang perlu melewati Antartika. Dulu pernah ada penerbangan Sydney-Buenos Aires, tapi sudah tidak beroperasi karena kurang peminat. Penerbangan ini adalah penerbangan komersil yang paling selatan yang pernah ada, tapi hanya menyisir pinggiran Antartika. Secara teori, rute yang akan melewati antartika adalah Perth-Santiago dan Perth-Buenos Aires. Tapi Perth itu kota yang jauh lebih kecil daripada Sydney dan sekitarnya, jadi secara komersil tidak memungkinkan. Saat ini, penerbangan paling selatan adalah Melbourne-Santiago.

      Kedua, ada aturan ETOPS. Pesawat komersil tidak boleh jauh-jauh dari bandara. Jadi harus ada airport yang dekat untuk mendarat darurat jika diperlukan. Aturan ini berbeda untuk jenis pesawat yang berbeda. Pesawat bermesin empat akan lebih fleksibel, tapi kembali lagi ke masalah komersil: makin besar pesawat, makin membutuhkan jumlah penumpang yang lebih banyak.

  • Ali Imron

    Klaim sampai saat ini adalah tidak ada yang pernah “melintasi” antartika. Kalo cuma lewat sana banyak. Ilmuwan juga banyak. Tapi untuk “melintasi” belum ada yg bisa.

    • semua contoh di artikel, kecuali satu, semuanya melintasi antartika. dalam artian masuk dari satu sisi, melewati kutub selatan, dan keluar dari sisi yang lain.

      • Ali Imron

        Ya mungkin bisa dibilang sudah melintasi, karena pakainya peta bumi bulat, jadi seakan-akan sudah melewati.
        Berbeda lagi jika memakai peta bumi datar. Maka jalur penerbangan 4 orang diatas tidak pernah melintasi kutub selatan.

        • antartika bisa dilintasi karena Bumi bentuknya bulat. jika bumi berbentuk datar, maka perjalanan2 ini tidak mungkin bisa dilakukan.

          • Ali Imron

            Kok maksa banget yaa? Wkwk

          • kami tidak ‘maksa’. itulah kenyataannya. sebelumnya kaum FE tidak percaya adanya kutub selatan di benua antartika karena menurut oknum2 pencetus FE, tidak ada yang pernah melintasi antartika.

            di artikel ini kami tunjukkan bahwa ternyata ada beberapa pihak yang telah berhasil melintasi antartika. sehingga premis awal yang dibuat oleh oknum2 FE ini adalah salah.

            semoga mencerahkan.

          • Ali Imron

            Salah? Anda membenarkan sesuatu dengan teori anda sendiri yang tidak dapat diterima orang lain lho.

            Coba dong ilustrasinya itu di buat ulang di peta bumi datar. Saya yakin hasilnya akan berbalik.

          • rute yang melewati kutub selatan tidak mungkin dibuat di “peta bumi datar”. kutub selatan yang di dunia nyata bentuknya sebuah titik, di “peta bumi datar”, bentuknya adalah lingkaran besar. ini karena sesungguhnya yang dinamakan “peta bumi datar” hanyalah proyeksi azimuthal equidistant dari bentuk bumi yang sesungguhnya.

  • Deki Zuljafni

    Bos setau saya menurut ensiklopedia perjalanan itu bukan mengelilingi bumi tapi perjalanan ekspedisi pulang pergi aja pergi nya ke kutub Selatan trus pulangnya ke kutub Utara lewat jalur yg lain, lagian kalau mau mengelilingi dunia bagian Utara dan Selatan tidak akan bisa bos karna jarum kompas selalu jika sudah jauh dari kutub Utara tidak akan berfungsi bosku cukup skian dan trima kasih bosku

    • semua perjalanan itu (kecuali satu) adalah perjalanan mengelilingi bumi yang melalui kutub utara dan selatan. silakan dibaca referensinya dan dapat anda plot sendiri rutenya menggunakan globe.

      mengenai kompas, ada alternatif untuk kompas magnetik. misalnya kompas matahari yang digunakan oleh admiral byrd, silakan baca di https://blog.education.nationalgeographic.org/2014/07/10/tbt-how-a-special-compass-helped-richard-byrd-explore-the-poles/

      sedangkan penjelajahan di jaman modern tentunya sudah menggunakan GPS dan tidak menggunakan kompas lagi.

      • Deki Zuljafni

        Gps itu hanya terdata wilayah yang sudah dimasuki oleh google sedangkan yg belum terdata itu tidak anda bisa coba sendiri di Kalimantan masih banyak wilayah yg tidak memiliki koordinat didalam gps artinya rute yg dilalui dalam penjelajahan itu adalah rute yg terencana sedangkan jika ingin mengelilingi dunia dari Utara ke Selatan kemudian tembus memutar bumi bagian lain bukan kembali melalui jalur yg lain yg sudah direncanakan liat saja titik jalur nya melalui bandara2 dikota kota besar dunia jika mengelilingi dunia menggunakan pesawat tidak akan bisa karena hanya mengikuti jalur jalur navigasi diluar dari itu gps dan radar tidak akan bisa menjangkau maka dari itu pernyataan mengelilingi dunia tak lebih hanya sebatas klaim tanpa ada bukti autentik satu2nya cara mengelilingi dunia adalah dengan menggunakan kapal yg berbahan bakar sangat banyak dan perjalanannya pun bukan mengikuti jalur pelayaran internasional seperti eksplorasi yg sudah sudah tetapi terus ke arah Selatan dan itu tidak akan bisa karna kompas tidak akan berfungsi semakin ke Selatan dan kompas matahari pun jga tidak bisa diandalkan karna didaerah yg ekstrim cuacanya matahari tidak akan nampak bahkan diantartika matahari hanya akan dapat dilihat pada bulan bulan tertentu saja dan ini tentu sangat sangat menyulitkan jadi orang bisa saja mengklaim telah mengelilingi tapi tidak smua orang jga bisa percaya satu satunya yg mampu mengeksplorasi belahan dunia lain itu adalah kekuatan negara negara besar karna eksplorasi ini tentu memakan biaya yg sangat luar biasa besar, jd kalau hanya segelintir kelompok yg menyatakan telah mengelilingi apalagi menggunakan pesawat itu terdengar lucu…

        • GPS berlaku global dimanapun di seluruh dunia. termasuk saat tidak ada BTS. yang anda maksud mungkin adalah aplikasi google maps. aplikasi tersebut menggunakan GPS untuk menentukan lokasi, namun ada fitur lain di luar itu. GPSnya sendiri berfungsi di seluruh dunia, tapi fitur2 lainnya membutuhkan koneksi data dan sebagainya.

          perjalanan mengelilingi bumi yang kami tulis semuanya transit untuk mengisi bahan bakar dan perbekalan. saat ini memang belum ada polar circumnavigation yang non stop.

          yang kami informasikan tersebut adalah benar. itu semuanya terdokumentasikan, dilakukan oleh pihak yang berbeda2 dari kurun waktu yang berbeda. semua referensi sudah kami cantumkan dalam artikel. silakan anda baca2 kembali.

          semoga mencerahkan.

          • Deki Zuljafni

            Gps tidak bisa berlaku di daerah yg belum terjamah penentuan koordinat bumi smuanya berdasarkan bts dokumentasi pengkoordinat itu foto foto dari penerbangan silahkan buktikan sendiri kalau anda pernah masuk ke wilayah yg asing.
            Kalau hanya katanya katanya smua orang bisa juga berkata mengklaim sy juga bisa mengklaim sudah mengelilingi dunia apa susahnya.

          • saya pribadi sering menggunakan GPS logger untuk mencatat rute perjalanan. dan sinyal bisa diterima di tengah laut, atau di tengah hutan. GPS itu menggunakan sinyal satelit GPS untuk mencari kordinat pengguna. yang anda maksud mungkin aplikasi seperti Google Maps, yang menggunakan GPS untuk mendapatkan koordinat, tetapi memiliki fungsi dan fitur lain di luar itu. fungsi pemetaan dan sebagainya itu sudah di luar lingkup GPS.

  • Deki Zuljafni

    Sekarang kita tidak bisa mengklaim bahwa ada orang yg pernah mengelilingi dunia mengatakan bahwa begini begitu karna tidak ad bukti yg autentik berupa video manusia hidup sudah ribuan tahun dibumi ini bahkan antartika saja baru ditemukan ini menandakan bahwa bumi sangat luas dan tidak mudah untuk di arungi ingat tahun 1929 oleh admyral bird dengan video dokumentarynya yg cukup kuat sbg bukti stelah ribuan tahun loh.. Ada apa di antartika mengapa tidak boleh masuk kesana apakah disana ad belahan dunia lain yg sangat luas bahkan jauh lebih luas dibanding daratan yg sudah terjamah kita tidak tau kita hanya bisa tau kalau tidak ada hak monopoli 8 negara di sana yg menguasainya…

    • tidak ada yang melarang ke antartika. itu adalah hoax yang sering disebarkan oleh oknum2 FE. mengenai admiral byrd, kata2nya sering dipelintir oleh oknum2 FE, dan itu sudah kami bahas di https://bumidatar.id/admiral-byrd . intinya adalah tidak ada konspirasi aneh2 mengenai antartika. dan itu hanyalah hoax yang sering disebarkan oleh oknum2 FE. sayangnya banyak dari kita yang terkena hoax ini.

      semoga membantu

      • Deki Zuljafni

        Antartika tidak ada yg melarang betul tetapi tidak ada yg boleh melakukan ekspedisi perjalanan ke dalam sana melebihi batas yg telah ditentukan oleh amandemen antartika oleh 8 negara tersebut ini sudah jelas mengapa yg memiliki hak hanya 8 negara tersebut mengapa negara lain tidak boleh mempunyai hak di sana ini sudah jelas tidak perlu ditutup2i lagi masalah bumi datar atau bulat itu semua tidak menjadi masalah yg dipermasalahkan skrg adalah monopoli oleh negara2 tersebut kedepan kita tidak akan tau krisis pangan dan energi suatu saat bisa saja terjadi akibat bencana alam dan lain2 bukankah daerah tersebut bisa dijadikan tempat untuk memulai hidup baru lagi oleh masyarakat dunia itu yg harus dipikirkan

        • tidak ada larangan tersebut. bahkan ada beberapa tempat penelitian di antartika yang selalu aktif. tak ada larangan pula bagi negara selain 8 yang anda katakan. tidak ada juga yang ditutup2i. tidak ada juga monopoli oleh negara2 itu di antartika. ada larangan melakukan ekploitasi sumber daya alam, tapi berlaku untuk semua negara, termasuk negara2 itu.

          kami tidak tahu darimana anda mendapat informasi2 tersebut. barangkali lebih baik anda tagih buktinya ke mereka.

          • Deki Zuljafni

            Yg jelas sudah terjadi monopoli disitu dengan adanya larangan2 tsb kalau wilayah itu terbuka untuk umum smua negara boleh melakukan kegiatan disitu , itu karna ulah 8 negara tsb dengan bernaung dibawah ketiak pbb

          • sudah disampaikan bahwa ada kegiatan-kegiatan yang dilarang, misalnya eksploitasi sumber daya alam, atau menjadikan antartika sebagai tempat pembuangan limbah. dan ini berlaku untuk semua negara, termasuk negara2 tersebut. semoga menjelaskan.