Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub

Menurut beberapa korban paham Bumi datar, tidak ada penjelajah yang berhasil mengelilingi Bumi melalui kedua kutub. Yang ada hanyalah penjelajah yang mengelilingi Bumi sejajar dengan garis khatulistiwa, seperti James Cook atau Ferdinand Magellan. Karena jika ada, maka runtuhlah teori Bumi datar dalam seketika.

Ternyata hal tersebut tidak benar. Ada beberapa penjelajah yang sudah pernah melakukan hal tersebut. Dari sekilas pencarian di Internet, kami dapat menemukan paling tidak ada tujuh penjelajah yang telah atau sedang melakukannya.

Tanggal 14–17 November 1965, Kapten Fred Lester Austin, Jr. dan Harrison Finch lepas landas dari Honolulu, Amerika Serikat untuk mengelilingi Bumi melalui kedua kutubnya.

Rute perjalanan: Honolulu, Amerika Serikat – Kutub Utara – London, Inggris – Lisbon, Portugal – Buenos Aires, Argentina – Kutub Selatan – Christchurch, Selandia Baru – Honolulu, Amerika Serikat.

Tahun 1977, PanAm Flight 50 mengelilingi Bumi melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan dalam rangka ulang tahun ke-50 PanAm.

Rute perjalanan: San Francisco, Amerika Serikat – Kutub Utara – London, Inggris – Cape Town, Afrika Selatan – Kutub Selatan – Auckland, Selandia Baru – San Francisco, Amerika Serikat.

Tahun 1979,  Sir Ranulph Fiennes and Charles R. Burton berangkat dari Greenwich, Inggris menuju Kutub Selatan, dan kemudian menuju utara ke Kutub Utara dan kembali lagi ke Greenwich. Perjalanan ini dicatat oleh Guinness Book of World Records sebagai perjalanan darat mengelilingi Bumi melalui kedua kutub yang pertama.

Rute perjalanan: Greenwich, Inggris – Cape Town – Afrika Selatan – Kutub Selatan – Auckland, Selandia Baru – Sydney, Australia – Los Angeles, Amerika Serikat – Vancouver, Kanada – Yukon River, Kanada – Kutub Utara – Greenwich, Inggris.

Tahun 1988-1989, Dick Smith mengelilingi Bumi melalui kedua kutub menggunakan pesawat Twin Otter.

Tahun 1992, Michael Palin membuat film dokumenter untuk BBC dengan isi petualangannya menjelajahi Bumi mulai dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan.

Rute perjalanan: Kutub Utara – Nord Base, Greenland – Svalbard, Norwegia – Norwegia – Helsinki, Finlandia – Leningrad, Uni Sovyet (sekarang St. Petersburg) – Kiev, Uni Sovyet – Odessa, Uni Sovyet – Istanbul, Turki – Limassol, Cyprus – Cairo, Mesir – Khartoum, Sudan – Addis Ababa, Ethiopia – Nairobi, Kenya – Serengeti, Tanzania – Lusaka, Zambia – Victoria Falls, Zimbabwe – Cape Town, Afrika Selatan – Rio de Janeiro, Brazil – Santiago, Chile – Kutub Selatan.

Tahun 2009, penerbangan TAG Transpolar08 mengelilingi Bumi melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan, dan sekaligus memecahkan rekor kecepatan, dengan kecepatan rata-rata sebesar 822.8 km/jam.

Rute perjalanan: Farnborough, Inggris – Kutub Utara – Whitehorse, Yukon, Kanada – Majuro, Kep. Marshall – Christchurch, Selandia Baru – Kutub Selatan – Punta Arenas, Chile – Sal, Cape Verde – Farmborough, Inggris.

Saat artikel ini ditulis (Februari 2018), Mike Horn sedang melakukan perjalanan yang sama. Beliau sudah melewati Kutub Selatan dan dalam perjalanan menuju Kutub Utara. Diperkirakan pertengahan 2018 perjalanan ini akan selesai.

Referensi