‘Quote Mining’: Cara Mereka Mencoba Untuk Menghasut Kita Semua

Salah satu modus operandi paling populer dari penyebar paham Bumi datar adalah dengan cara ‘quote mining’. Mereka membaca banyak tulisan ilmuwan dan menonton video-videonya, untuk mencari kata-kata yang bisa dikutip dan disebarkan di luar konteksnya.

Bagi orang awam, ilmuwan-ilmuwan tersebut akan terlihat negatif. Mereka terlihat saling kontradiktif, saling menjelekkan, memberi kesan tidak ada konsensus dalam sains, dan memiliki niat jahat kepada kita semua. Padahal, informasi yang tersebar tersebut memang tak lagi sama dengan apa yang sebenarnya dimaksud oleh ilmuwan-ilmuwan tersebut.

Dengan melakukan quote mining, mereka akan dapat melakukan jurus-jurus berdiskusi sebagai berikut:

  1. Straw man. Memelintir pernyataan ilmuwan yang tidak sependapat dengan oknum-oknum ini, dengan tujuan agar lebih mudah diserang.
  2. Appeal to authority, untuk mengesankan seseorang dengan reputasi baik mendukung posisi oknum-oknum Bumi datar ini.

Pada kasus Bumi datar, tujuan akhirnya adalah untuk menghasut kita semua. Jika hasutan berhasil, maka emosi kita akan tersulut dan sebagian dari kita tak lagi dapat berpikir dengan efektif.

Untuk menghindari menjadi korban hasutan, kita dapat mencoba mencari sumber asli dari kutipan-kutipan tersebut. Baca atau tontonlah sumber aslinya dengan lengkap, dan pelajari keseluruhan konteksnya.

Besar kemungkinan, konten aslinya adalah tulisan atau video sains yang ‘biasa-biasa saja’. Namun setelah ‘dimasak’ dan dikutip diluar konteksnya oleh oknum-oknum pencetus Bumi datar, akan berubah menjadi tulisan atau video yang penuh drama dan emosi.

Mari kita jaga emosi dan tetap waspada!

Referensi