Gerak Bintang Tahunan: Salah Satu Bukti Bumi Bergerak Mengelilingi Matahari

Setiap hari, kita dapat mengamati bintang bergeser sekitar 1° dari sumbu rotasinya. Dalam sebulan akan bergeser sekitar 30°. Dan dalam satu tahun akan kembali lagi ke posisi awal setelah berputar sekitar 360°. Gerak tersebut menjadi dasar dalam penetapan sistem kalender yang kita gunakan saat ini.

Penganut Bumi datar mengklaim “rasi bintang tetap terlihat sama setiap malam”, lalu mereka simpulkan Bumi tidak bergerak. Mereka salah. Rasi bintang akan terlihat bergeser sekitar 1° setiap malam.

Tak sulit untuk membuktikannya. Kita dapat memantau posisi bintang di langit, misalnya pada setiap tanggal 1 setiap bulannya, pada posisi yang sama, dan pada jam yang sama, misalnya jam 12 malam. Posisi bintang akan jelas terlihat bergeser 1° setiap hari, atau 30° setiap Bulan.

Ini adalah dasar dari penentuan sistem kalendar solar. Kalender ini menggunakan siklus Matahari terhadap bintang-bintang sebagai dasar penentuan tahun.

Gerak bintang yang dapat kita amati ini adalah salah satu bukti Bumi bergerak mengelilingi Matahari, walaupun tentunya bukan satu-satunya bukti. Untuk menyimpulkan sistem heliosentris, diperlukan berbagai macam bukti lainnya yang saling menguatkan.

Referensi

Beberapa Contoh Meme Menyesatkan dari Kalangan Bumi Datar