Salar de Uyuni dan Dataran Garam Lainnya

Dataran garam adalah bentangan dataran berlapisi garam dan mineral lainnya. Salar de Uyuni di Bolivia adalah dataran garam terbesar di seluruh dunia. Dataran garam terlihat datar, tetapi seperti permukaan Bumi lainnya, permukaan dataran garam tetap mengikuti lengkungan Bumi.

Penganut Bumi datar menganggap datarnya Salar de Uyuni dan dataran garam lainnya sebagai ‘bukti’ Bumi datar. Mereka salah. Walau dataran garam sekilas terlihat datar, faktanya tetap  sedikit demi sedikit mengikuti lengkungan Bumi.

Tidaklah sulit untuk mengamati fakta ini dengan cara membandingkan penampakan sebuah objek dari jarak dekat dan dari jarak jauh sampai lengkungan Bumi menutupinya.

Di seberang perbatasan Salar de Uyuni terdapat Gunung Tunupa yang tak aktif, dan terlihat dari mana pun di Salar de Uyuni. Dengan bergerak ke arah selatan menjauhi gunung tersebut, kita akan dapat melihat gunung tersebut berangsur-angsur tertutup lengkungan Bumi, dimulai dari bagian bawahnya.

Di laut kita dapat mengamati fenomena bangunan dan kapal di kejauhan akan terlihat menghilang mulai dari bagian bawahnya jika kita bergerak menjauh. Hal ini juga terjadi di Salar de Uyuni dan dataran garam lainnya. Fakta ini adalah bukti Bumi bulat.

Untuk analisis lengkap silakan kunjungi situs web Bahasa Inggris kami: flatearth.ws/salar-de-uyuni

Referensi