Stellarium

Kaum Bumi datar gemar mengamati peristiwa langit dan tata letak benda langit. Kadang, mereka bersikeras hal tersebut tak mungkin terjadi di Bumi bulat heliosentris, dan mengambil kesimpulan keliru bahwa Bumi itu datar.

Kita dapat tanyakan waktu kejadian dan lokasi pengamat, dan menggunakan Stellarium atau aplikasi sejenis untuk membuat simulasinya. Jika hasilnya sama dengan pengamatan, maka sama sekali tidak ada kejanggalan. Dan kebingungan mereka hanya bersumber dari ketidakpahaman semata.

Stellarium adalah perangkat lunak untuk mensimulasikan posisi benda langit. Stellarium dapat memberikan informasi benda langit baik untuk saat ini maupun masa lampau dan masa yang akan datang dengan ketepatan yang relatif sangat tinggi. Stellarium adalah perangkat lunak opensource yang gratis dan tersedia untuk berbagai macam sistem operasi desktop. Stellarium juga tersedia untuk ponsel walaupun berbayar, dan juga tersedia versi webnya walaupun tidak memiliki fitur yang lengkap.

Stellarium tentunya menggunakan model Bumi bulat untuk menghitung posisi benda-benda langit. Jika hasil Stellarium sesuai dengan pengamatan, maka dapat kita katakan tidak ada masalah dengan model Bumi bulat. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk memisahkan mana kejadian alam yang benar-benar spesial, dan mana kejadian alam yang hanya bersumber dari ketidakpahaman semata.

Ada kaum Bumi datar yang mengklaim Stellarium dibuat berdasarkan Bumi datar. Kita dapat dengan mudah membuktikan mereka salah dengan mencoba mengamati Bumi dari Bulan di Stellarium desktop:

  • Cari posisi Bulan: tekan Ctrl-F, ketik ‘moon’, Enter.
  • Pindahkan lokasi pengamat ke objek yang terpilih (Bulan): tekan Ctrl-G
  • Cari posisi Bumi: tekan Ctrl-F, ketik ‘earth’, Enter.
  • Matikan horizon jika posisi Bumi di bawah horizon: tekan G
  • Zoom ke Bumi: tekan /

Jika langkah-langkah dilakukan dengan benar, Stellarium akan menampilkan Bumi bulat seperti yang terlihat dari Bulan saat ini.

Referensi