Sun Glitter / Pantulan Riak Air

Sun glitter adalah cahaya gemerlap yang terbentuk saat cahaya Matahari dipantulkan oleh gelombang air. Air yang beriak memantulkan cahaya Matahari dari berbagai sudut dan pengamat akan melihat sangat banyak pantulan Matahari di permukaan air.

Kaum Bumi datar menganggap pantulan sinar Matahari di permukaan laut yang berbentuk panjang adalah “bukti” Bumi datar. Mereka salah. Sun glitter terjadi karena riak air. Perbedaan lengkungan permukaan Bumi itu sendiri antara model Bumi bulat dan model Bumi datar tidak terlalu jauh untuk menyebabkan perbedaan pada bentuk sun glitter.

Saat Matahari terbenam, sun glitter akan terlihat sebagai cahaya utuh yang memanjang dari pengamat sampai ke horizon. Namun apabila diamati secara teliti, sebenarnya sun glitter terdiri dari sangat banyak pantulan Matahari yang kecil, yang dinamakan sun glint.

Kaum Bumi datar gemar membuat “simulasi” bahwa permukaan melengkung tidak menghasilkan bentuk pantulan sesuai kenyataan, dan mereka “simpulkan” Bumi tidak bulat. Kesalahan mereka adalah menempatkan pengamat terlalu jauh dari permukaan dan membuat lengkungan yang terlalu besar untuk mewakili bentuk Bumi bulat. Simulasi yang mereka lebih cocok untuk menggambarkan sunglint jika diamati dari luar angkasa. Foto Bumi yang diambil dari satelit Himawari-8 misalnya, akan mirip dengan karakteristik pantulan yang mereka simulasikan.

Simulasi yang lebih cocok menggambarkan sun glitter adalah pantulan cahaya saat jalanan sedang basah karena hujan. Jalanan tidak rata sempurna, tetapi diselimuti air yang memantulkan cahaya secara specular ke berbagai arah. Pengamat pun berada di permukaan sehingga lebih mewakili fakta yang ingin dideskripsikan. Apakah jalan datar, cembung atau cekung, besar lengkungannya tak akan sebesar apa yang disimulasikan kaum Bumi datar, dan tak banyak mempengaruhi bentuk pantulan yang terjadi.

Referensi