Resolusi Sudut

Resolusi sudut adalah jarak minimum antara ciri atau corak yang dapat dikenali dalam sebuah citra. Objek dengan ukuran lebih kecil daripada resolusi sudut tak akan dapat dikenali pada gambar. Resolusi sudut maksimum yang dimungkinkan tergantung pada diameter bukaan dari instrumen optik yang digunakan.

Kaum Bumi datar gemar menuntut foto wahana pendaratan (lander) Apollo di Bulan dengan menggunakan kamera atau teleskop sebagai  bukti pendaratan di Bulan memang terjadi. Faktanya, tak ada teleskop optik di Bumi yang diameter bukaannya cukup besar untuk dapat mengenali wahana pendaratan Apollo tersebut.

Lanjutkan membaca “Resolusi Sudut”

Jarak Pandang vs Resolusi Sudut

Jarak pandang adalah jarak dimana sebuah objek dapat jelas terlihat. Resolusi sudut adalah kemampuan sebuah perangkat optik untuk mengenali detil dari sebuah objek.

Tak seperti klaim kaum Bumi datar, tidak ada yang namanya “jarak maksimum” dari kamera. Kuman di tangan kita berada dalam jarak pandang, tetapi resolusi sudut kamera tidak cukup untuk dapat mengenalinya. Sebaliknya, pesawat berjarak lebih jauh, tetapi memiliki ukuran sudut yang besar sehingga kamera dapat mengenalinya.

Lanjutkan membaca “Jarak Pandang vs Resolusi Sudut”

Geometri Perspektif

Perspektif adalah hubungan antara ukuran, jarak dan ukuran sudut dari sebuah objek yang dilihat oleh pengamat. Ukuran sudut semakin besar apabila objek semakin dekat atau ukuran objek semakin besar.

Kaum Bumi datar sering mengklaim objek yang berada di kejauhan tak terlihat bukan karena tertutup lengkungan Bumi, tetapi karena perspektif. Betul bahwa perspektif dapat mengakibatkan objek di kejauhan tak dapat dikenali, namun perspektif tak dapat menyebabkan benda di kejauhan hanya terlihat sebagian.

Lanjutkan membaca “Geometri Perspektif”