Permukaan Bulan Yang Segelap Aspal dan Eksposur Kamera

Featured Video Play Icon

Permukaan Bulan sama gelapnya dengan aspal, tapi di malam hari terlihat terang karena langit di sekelilingnya jauh lebih gelap. Sedangkan pada foto, kecerahannya hanyalah masalah pemilihan eksposur dari kamera yang digunakan.

Pada foto misi Apollo, permukaannya terlihat gelap, tak seperti Bulan yang terlihat saat malam & kaum Bumi datar menyimpulkan foto itu palsu. Faktanya, terang & gelap hanyalah masalah eksposur kamera. Kita dapat membuat aspal terlihat terang atau gelap dengan mengubah eksposur, sama halnya seperti permukaan Bulan.

Lanjutkan membaca “Permukaan Bulan Yang Segelap Aspal dan Eksposur Kamera”

Melampaui Low Earth Orbit (LEO)

Saat tahun 2021, misi Apollo adalah satu-satunya kasus manusia pergi lebih jauh daripada Low Earth Orbit (LEO). Setelah roket & peralatan yang digunakan misi Apollo dinonaktifkan, manusia tak lagi memiliki kemampuan untuk melampaui LEO dan tetap demikian di tahun 2021.

Lembaga antariksa berkata kita tak bisa melewati LEO & saat ini (tahun 2021) sedang mengembangkan kemampuan tersebut. Kaum Bumi datar menganggapnya “bukti” manusia tak pernah melewati LEO dan dengan demikian tak pernah ke Bulan. Faktanya, yang dimaksud pernyataan tersebut adalah situasi saat ini (tahun 2021), dan bukan berarti sebelumnya manusia tak pernah melampaui LEO. Saat ini (tahun 2021) kita dapat mengirim muatan melewati LEO, tapi belum bisa lagi untuk manusia.

Lanjutkan membaca “Melampaui Low Earth Orbit (LEO)”

Biaya dari Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)

Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV) dibuat dengan biaya $38 juta, setara dengan $260 juta di 2021. Kaum Bumi datar mengklaim biayanya terlalu mahal untuk “mobil gurun” & digunakan untuk mendiskreditkan misi Apollo. Faktanya, biaya tersebut wajar.

Lanjutkan membaca “Biaya dari Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)”

Operation Avalanche

Operation Avalanche adalah film thriller konspirasi yang dirilis tahun 2016. Film ini bergenre parodi dekonstruktif yang menganggap pendaratan di Bulan tak terjadi, dan menceritakan latar belakang fiktif bagaimana agen rahasia “memalsukannya.”

Kaum Bumi datar mengambil cuplikan film ini dan memodifikasinya agar terlihat meyakinkan, lalu menyampaikan seakan itu adalah video yang baru ditemukan mengenai “pemalsuan” misi Apollo. Video tersebut menyebar di kalangan mereka sebagai hoaks.

Lanjutkan membaca “Operation Avalanche”

Hubungan Fase Bumi dan Fase Bulan

Fase Bulan yang terlihat dari Bumi adalah kebalikan dari fase Bumi yang terlihat dari Bulan pada waktu yang sama. Jika kita melihat bulan sabit dari Bumi, maka seseorang di Bulan pada saat bersamaan akan melihat Bumi bungkuk, dan sebaliknya.

Kaum Bumi datar melihat fase Bulan pada sebuah misi Apollo berbeda daripada fase Bumi yang terlihat pada foto Bumi dari misi tersebut. Lalu mereka gunakan untuk mendiskreditkan pendaratan di Bulan, keliru berasumsi bahwa kedua fase tersebut seharusnya sama. Faktanya, kedua fase tersebut saling berlawanan, dan semua akan konsisten.

Membawa Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)

Featured Video Play Icon

Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV) adalah kendaraan dengan sumber energi baterai yang dibawa tiga misi Apollo terakhir. Setiap LRV dibawa ke Bulan dengan cara dilipat di tempat penyimpanan kuadran 1 di Lunar Module, yang berada di luar.

Kaum Bumi datar mengklaim LRV terlalu besar untuk disimpan di dalam Lunar Module. Faktanya, LRV dibawa dengan dilipat di tempat penyimpanan terbuka; mirip seperti membawa sepeda dengan menggunakan rak sepeda yang dipasang di sisi luar mobil.

Lanjutkan membaca “Membawa Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)”

Bayangan Pada Foto Yang Diambil di Permukaan Bulan

Kaum Bumi datar dan penganut teori konspirasi keliru mengklaim bahwa bayangan objek pada foto misi Apollo yang diambil di Bulan tidak konsisten. Faktanya hal tersebut hanya bersumber dari bias konfirmasi pada diri mereka sendiri, dan tak sulit untuk menjelaskan bagaimana bayangan tersebut terjadi.

Efek perspektif dapat menyebabkan bayangan yang sejajar terlihat saling menyudut dan mengarah ke satu titik di kejauhan. Korban teori konspirasi keliru mengklaim bahwa bayangan yang terlihat tidak sejajar pada foto hanya bisa disebabkan oleh sumber cahaya yang dekat.

Lanjutkan membaca “Bayangan Pada Foto Yang Diambil di Permukaan Bulan”

Earthrise

Earthrise adalah foto Bumi yang diambil dari orbit Bulan oleh William Anders saat misi Apollo 8. Foto tersebut diambil setelah Bumi terlihat terbit dari belakang Bulan.

Sisi Bulan yang terlihat dari Bumi tetap sama, dan dari lokasi di Bulan yang menghadap Bumi, tak mungkin terlihat Bumi terbit. Kaum Bumi datar menggunakannya sebagai “bukti” foto tersebut palsu. Faktanya, Earthrise tidak diambil dari permukaan Bulan, tetapi dari orbit Bulan. Apollo 8 bahkan tak mendarat di Bulan.

Lanjutkan membaca “Earthrise”

Melihat Bintang di Luar Angkasa

Cahaya bintang itu redup, kita hanya dapat melihat bintang saat mata kita terbiasa untuk gelap. Astronot dapat melihat bintang saat Matahari tertutup dan menghindari melihat objek besar yang disinari Matahari.

Ada astronot yang berkata bintang tak terlihat, tetapi ada pula yang dapat melihatnya. Kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut untuk mendiskreditkan perjalanan ke luar angkasa. Faktanya, kadang astronot dapat melihat bintang, kadang tidak, sama seperti kita, tergantung situasi.

Lanjutkan membaca “Melihat Bintang di Luar Angkasa”

Jeda Komunikasi Apollo & Arah Pembicaraan

Gelombang radio merambat dalam kecepatan cahaya. Pada misi Apollo, setelah Houston berkata, balasan dari Bulan baru akan tiba setelah 2½ detik. Tetapi tak ada jeda saat Houston membalas ucapan astronot karena proses perekaman dilakukan di Bumi.

Tak adanya jeda saat Houston (dan Presiden Nixon) membalas ucapan astronot digunakan oleh kaum Bumi datar untuk mendiskreditkan misi Apollo. Faktanya, mereka hanya tak memahami pengaruh posisi perekaman dan arah percakapan pada jeda yang terdengar pada hasil rekaman.

Lanjutkan membaca “Jeda Komunikasi Apollo & Arah Pembicaraan”

Kerangka Acuan

Kerangka acuan adalah sebuah sistem koordinat dan titik acuan sistem koordinat tersebut diletakkan. Kecepatan atau laju adalah relatif terhadap sebuah kerangka acuan. Dua buah kecepatan bisa saja relatif terhadap dua buah kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan secara langsung.

Kaum Bumi datar sering membandingkan dua buah besaran kecepatan seperti pesawat yang bergerak dengan kecepatan 900 km/jam dan permukaan Bumi dekat khatulistiwa yang bergerak 1674 km/jam. Mereka akan menyimpulkan pesawat seharusnya tak dapat mengejar permukaan Bumi dan tak akan dapat mendarat jika Bumi berotasi. Mereka salah. Kedua kecepatan tersebut relatif terhadap kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan langsung.

Lanjutkan membaca “Kerangka Acuan”

Lima Foto Neil Armstrong di Bulan

Neil Armstrong adalah fotografer utama pada misi Apollo 11, dan beliau tak dapat terlihat dalam foto yang diambilnya. Dari 1266 foto dari misi Apollo 11, hanya ada lima foto berkualitas baik yang memperlihatkan Neil saat Apollo 11 berada di permukaan Bulan.

Ada meme yang bercanda membandingkan jumlah foto Neil di Bulan yang cuma lima dengan jumlah selfie yang diambil wanita di dalam toilet. Kaum Bumi datar menganggapnya serius, dan hal ini menjadi hoaks bahwa hanya ada lima foto dari seluruh misi Apollo 11.

Lanjutkan membaca “Lima Foto Neil Armstrong di Bulan”

Hilangnya Pita Rekaman Telemetri Apollo 11

NASA kehilangan pita rekaman telemetri yang menyimpan data video mentah yang dikirim oleh misi Apollo 11. Walaupun begitu, semua data tersebut juga tersimpan di tempat lain dalam format yang berbeda.

Kaum Bumi datar mempermasalahkan kasus tersebut untuk mendiskreditkan misi Apollo. Faktanya:

  1. Data yang hilang hanyalah video sebelum dikonversi ke NTSC untuk siaran televisi,
  2. Hanya video dalam format mentah SSTV yang hilang, tetapi ada rekaman lain dari video yang sama dalam format NTSC
  3. Kasus tersebut hanya terjadi untuk Apollo 11, tidak pada misi Apollo lainnya
  4. Tak ada video yang belum pernah dilihat pada data yang hilang
  5. NASA menemukan rekaman berkualitas tinggi dari video yang sama.

Lanjutkan membaca “Hilangnya Pita Rekaman Telemetri Apollo 11”

Foto Lokasi Pendaratan Misi Apollo yang Diambil LRO

Lunar Reconnaisance Orbiter (LRO) adalah wahana antariksa yang mengorbit Bulan. LRO memiliki kamera beresolusi tinggi yang telah mengambil foto-foto dari lokasi pendaratan misi Apollo.

Kaum Bumi datar gemar menuntut NASA untuk membuktikan misi Apollo dengan mengambil foto terbaru lokasi pendaratan, dan NASA telah melakukannya. Namun hal ini pun tentunya tak akan cukup bagi mereka untuk menerima kenyataan bahwa misi Apollo memang dilakukan.

Lanjutkan membaca “Foto Lokasi Pendaratan Misi Apollo yang Diambil LRO”

Lapisan Pelindung Lunar Lander Apollo

Lunar module dari wahana Apollo perlu didesain seringan mungkin. Selain itu, lunar module hanya perlu bekerja dalam vakum, dan dengan demikian tidak perlu dibuat kokoh atau aerodinamis. Untuk mengurangi bobotnya, wahana ini dilapisi oleh selimut isolasi, bukan pelindung panas yang kokoh.

Kaum Bumi datar gemar mencemooh bentuk dari lunar module yang terlihat lemah. Faktanya, tak ada kebutuhan untuk lunar module untuk terlihat bagus. Yang terlihat rapuh hanyalah selimut isolasinya, sedangkan bagian inti dari lunar module berbentuk kokoh yang menyangga struktur dari wahana tersebut.

Lanjutkan membaca “Lapisan Pelindung Lunar Lander Apollo”

Melakukan Zoom Pada Bulan

Pada zoom terpanjang, Nikon P1000 memiliki sudut pandang 0,2°, setara dengan 1342 km pada permukaan Bulan.

Kaum Bumi datar menggunakan Nikon P1000 untuk melakukan zoom pada Bulan dan mengklaim tak dapat menemukan bendera dan wahana pendaratan Apollo. Faktanya, objek terkecil di Bulan yang dapat terlihat oleh kamera mereka adalah objek seukuran kota besar.

Lanjutkan membaca “Melakukan Zoom Pada Bulan”

Jeda Komunikasi Pada Misi Apollo

Featured Video Play Icon

Gelombang radio merambat dengan kecepatan cahaya; untuk melintasi jarak Bumi–Bulan membutuhkan waktu 1¼ detik. Akibatnya, pada misi Apollo, setelah Houston berkata sesuatu, jawaban dari astronot yang berada di Bulan baru akan tiba setelah 2½ detik kemudian.

Beberapa presentasi dari misi Apollo disunting untuk menghilangkan jeda tersebut dan kaum Bumi datar menggunakannya sebagai “bukti” misi Apollo dipalsukan. Namun, pada rekaman asli dan transkripnya, jeda tersebut bisa diketahui dengan jelas.

Lanjutkan membaca “Jeda Komunikasi Pada Misi Apollo”

Kondisi Tanpa Beban, Jatuh Bebas, dan Mikrogravitasi

Saat mengorbit, sebuah benda berada dalam kondisi tanpa beban karena objek dan wahana antariksa memiliki gerak yang arah dan kecepatannya sama, dan keduanya dipengaruhi oleh gravitasi yang besarnya praktis sama pula. Kita menggunakan wahana antariksa sebagai kerangka acuan. Dan karena objek tidak bergerak relatif terhadap wahana antariksanya, objek tersebut terlihat melayang.

Di orbit Bumi, objek masih dipengaruhi oleh gravitasi Bumi, tetapi objek melayang. Kaum Bumi datar menggunakannya untuk mendiskreditkan perjalanan ke luar angkasa. Faktanya, objek melayang karena kita menggunakan wahana antariksa sebagai kerangka acuannya, yang juga memiliki gerak yang sama dan dipengaruhi oleh gravitasi yang sama sebagaimana yang dialami oleh objek itu sendiri.

Lanjutkan membaca “Kondisi Tanpa Beban, Jatuh Bebas, dan Mikrogravitasi”

Video Wikileaks dari Kaum Bumi Datar adalah Hoax yang Bersumber dari Film Capricorn One

Seseorang membuat video palsu yang menampilkan proses “pemalsuan” video pendaratan misi Apollo di Bulan. Video ini mengklaim berasal dari Wikileaks, lengkap dengan logo Wikileaks, foto Julian Assange pendiri Wikileaks, dan beberapa efek untuk memberikan kesan asli. Faktanya, video tersebut diambil dari behind the scenes dari film Capricorn One.

Situs web resmi Wikileaks tidak memuat video tersebut dan sama sekali tidak sulit untuk mengetahui bahwa video tersebut palsu. Walaupun demikian, kaum Bumi datar tak mampu untuk menyadarinya, dan video tersebut beredar di komunitas mereka sebagai hoaks.

Lanjutkan membaca “Video Wikileaks dari Kaum Bumi Datar adalah Hoax yang Bersumber dari Film Capricorn One”

Misi ke Bulan Setelah Apollo

Setelah pendaratan di Bulan oleh misi Apollo, kita tetap menjalankan misi ke Bulan, tetapi dengan wahana tanpa awak. Misi Apollo bukan hanya misi ilmiah, tetapi juga misi politik akibat dari Perang Dingin. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk riset tanpa perlu mengirim manusia ke Bulan.

Kaum Bumi datar mengklaim tak ada misi ke Bulan setelah Apollo, dan itu adalah “bukti” misi Apollo hanya kebohongan. Faktanya, kita tetap mengirim wahana antariksa ke Bulan untuk keperluan penelitian sampai sekarang.

Lanjutkan membaca “Misi ke Bulan Setelah Apollo”