Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar

Data durasi penerbangan dapat mewakili jarak antar kota, dan hanya konsisten jika Bumi bulat. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa ketidakcocokan durasi penerbangan pada model Bumi datar seakan-akan disebabkan oleh angin dan jet stream.

Faktanya, kecepatan angin yang diperlukan pada asumsi tersebut jauh lebih besar daripada kecepatan tertinggi dari jet stream. Selain itu pada asumsi tersebut, angin tidak memberi pengaruh yang sama untuk rute-rute yang mirip pada model Bumi datar. Dan tentu saja, masalah perbedaan angin pada rute penerbangan dapat dengan mudah diperhitungkan dengan merata-ratakan durasi penerbangan pada kedua arahnya.

Lanjutkan membaca “Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar”

Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago

Featured Video Play Icon

Pada tahun 2020, rute penerbangan Singapura–New York merupakan rute penerbangan terjauh. Sedangkan Melbourne–Santiago adalah rute penerbangan yang paling selatan. Lama perjalanan kedua rute tersebut hanya dapat dijelaskan jika Bumi bulat.

Jika Bumi datar, maka rute Melbourne–Santiago seharusnya berdurasi lebih lama daripada rute Singapura–New York. Durasi  terbang dari rute-rute tersebut membuktikan Bumi tidak mungkin datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago”

Pelayaran Kedua Oleh James Cook

Featured Video Play Icon

Pelayaran kedua oleh James Cook dilakukan untuk mencari benua Terra Australis yang saat itu diperkirakan berada di Lautan Pasifik Selatan. Cook menjelajahi lautan Pasifik dan Atlantik untuk melakukannya, dan membuktikan tak ada benua tersebut kecuali jika benua tersebut berada di Kutub Selatan itu sendiri, yang saat ini kita sebut Antarktika.

Beberapa sumber menyebutkan Cook berlayar sepanjang lebih dari 60000 mil pada perjalanan keduanya tersebut. Kaum Bumi datar menggunakan angka ini seakan itu adalah keliling Antarktika dan mengklaim hal tersebut sebagai “bukti” Antarktika bukan hanya sebuah benua. Faktanya, James Cook menjelajahi lautan luas dan bukan hanya berlayar mengelilingi Antarktika.

Lanjutkan membaca “Pelayaran Kedua Oleh James Cook”

Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg

Featured Video Play Icon

Adanya rute penerbangan Sydney-Johannesburg hanya dapat terjadi jika Bumi bulat. Kita dapat mengetahui hal tersebut dengan membandingkan durasinya dengan rute sama yang melakukan transit.

Ada rute penerbangan Sydney-Johannesburg lain yang melakukan transit, seperti di Dubai. Kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, bukan berarti rute langsungnya tidak ada, dan tak sulit untuk melakukan verifikasi bahwa rute langsungnya memang ada.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg”

Penerbangan Langsung Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan

Ada banyak penerbangan langsung jarak jauh antara dua lokasi di selatan khatulistiwa, semuanya tanpa melintasi bagian Utara Bumi. Semua penerbangan ini hanya dapat terjadi apabila Bumi berbentuk bulat.

Beberapa penganut Bumi datar mengklaim bahwa tak ada penerbangan jarak jauh di dua lokasi di selatan khatulitiwa tanpa transit melalui kota di Utara khatulistiwa. Mereka salah. Ada beberapa rute penerbangan langsung jarak jauh di Selatan khatulistiwa, dan tak sulit untuk kita pastikan keberadaannya.

Lanjutkan membaca “Penerbangan Langsung Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan”

Panjang Waktu Siang dan Malam Pada Model Bumi Datar

Mayoritas model Bumi datar yang dikemukakan penganut Bumi datar menempatkan lautan Arktik pada tengah-tengah, dan benua Antartika pada pinggiran. Matahari digambarkan mengitari dunia mengikuti garis lingkar, dan cahaya matahari bersifat lokal seperti lampu senter.

Masalah: jika demikian, maka waktu siang dan waktu malam tidak bisa sama seperti hasil pengamatan di dunia nyata.

Lanjutkan membaca “Panjang Waktu Siang dan Malam Pada Model Bumi Datar”