Perjalanan James Cook

James Cook melakukan tiga kali perjalanan yang terkenal. Yang sering dibahas dalam perbincangan mengenai Bumi datar adalah perjalanannya yang kedua. Pada perjalanan ini, James Cook ditugasi kerajaan Inggris untuk mencari benua Terra Australis. Benua Terra Australis merupakan hipotesis yang dulu diperkirakan berada di lautan Pasifik Selatan. Perjalanan James Cook membuktikan bahwa benua ini tidak ada.

Penganut Bumi datar menganggap perjalanan James Cook ini sebagai ‘bukti’ bahwa Antartika bukanlah benua, tetapi daratan besar yang mengelilingi Bumi. Dalihnya adalah James Cook melakukan perjalanan lebih dari 60000 mil, dan 60000 mil itu jauh lebih panjang daripada keliling Antartika. Mereka salah.

Lanjutkan membaca “Perjalanan James Cook”

Penerbangan Langsung Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan

Ada banyak penerbangan langsung jarak jauh antara dua lokasi di selatan khatulistiwa, semuanya tanpa melintasi bagian Utara Bumi. Semua penerbangan ini hanya dapat terjadi apabila Bumi berbentuk bulat.

Beberapa penganut Bumi datar mengklaim bahwa tak ada penerbangan jarak jauh di dua lokasi di selatan khatulitiwa tanpa transit melalui kota di Utara khatulistiwa. Mereka salah. Ada beberapa rute penerbangan langsung jarak jauh di Selatan khatulistiwa, dan tak sulit untuk kita pastikan keberadaannya.

Lanjutkan membaca “Penerbangan Langsung Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan”

Panjang Waktu Siang dan Malam Pada Model Bumi Datar

Mayoritas model Bumi datar yang dikemukakan penganut Bumi datar menempatkan lautan Arktik pada tengah-tengah, dan benua Antartika pada pinggiran. Matahari digambarkan mengitari dunia mengikuti garis lingkar, dan cahaya matahari bersifat lokal seperti lampu senter.

Masalah: jika demikian, maka waktu siang dan waktu malam tidak bisa sama seperti hasil pengamatan di dunia nyata.

Lanjutkan membaca “Panjang Waktu Siang dan Malam Pada Model Bumi Datar”