Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar

Data durasi penerbangan dapat mewakili jarak antar kota, dan hanya konsisten jika Bumi bulat. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa ketidakcocokan durasi penerbangan pada model Bumi datar seakan-akan disebabkan oleh angin dan jet stream.

Faktanya, kecepatan angin yang diperlukan pada asumsi tersebut jauh lebih besar daripada kecepatan tertinggi dari jet stream. Selain itu pada asumsi tersebut, angin tidak memberi pengaruh yang sama untuk rute-rute yang mirip pada model Bumi datar. Dan tentu saja, masalah perbedaan angin pada rute penerbangan dapat dengan mudah diperhitungkan dengan merata-ratakan durasi penerbangan pada kedua arahnya.

Lanjutkan membaca “Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar”

Rute Penerbangan Antipode: Jakarta–Bogota

Featured Video Play Icon

Jakarta dan Bogota, Kolombia adalah pasangan kota yang hampir antipode. Keduanya terletak saling berseberangan di permukaan Bumi bulat. Karena itu, kita dapat naik pesawat dari Jakarta ke arah mana pun, dan tiba di Bogota setelah menempuh jarak yang sama, apapun arah yang kita pilih saat meninggalkan Jakarta.

Penerbangan apapun antara pasangan antipode memiliki lama perjalanan yang mirip, walaupun penerbangan-penerbangan tersebut memiliki arah yang berbeda. Fakta tersebut hanya konsisten dengan Bumi bulat, dan tak mungkin dijelaskan jika Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Antipode: Jakarta–Bogota”