‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Membuat Horizon Menjadi Lurus

‘Defish’ adalah proses menghilangkan distorsi dari citra yang dihasilkan lensa fisheye, menghasilkan gambar yang bersifat rektilinear yang mempertahankan garis lurus agar tetap terlihat lurus. Lensa fisheye yang berbeda memiliki kekuatan distorsi yang berbeda, dan dengan demikian membutuhkan parameter defish yang berbeda pula.

Beberapa kaum Bumi datar sengaja menggunakan kekuatan defish secara berlebihan. Tujuannya bukan untuk menghilangkan distorsi, melainkan untuk memanipulasi garis horizon yang melengkung agar terlihat lurus. Proses defish secara berlebihan tidak hanya menghilangkan distorsi barrel, tetapi juga menambahkan distorsi pincushion kepada gambar. Distorsi pincushion akan membuat garis lurus terlihat melengkung ke arah yang berlawanan daripada distorsi barrel yang ada pada lensa fisheye. Pada posisi tertentu di gambar, distorsi pincushion akan membuat horizon yang melengkung menjadi terlihat datar.

Lanjutkan membaca “‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Membuat Horizon Menjadi Lurus”

Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto

Besar lengkungan horizon yang terlihat dalam sebuah foto tergantung pada:

  1. Ketinggian pengamat.
  2. Field of view dari kamera yang digunakan.
  3. Distorsi dari lensa kamera yang digunakan.

Ada kaum Bumi datar yang keliru berasumsi bahwa kita seharusnya akan melihat lengkungan Bumi yang besarnya sama dalam segala kasus. Dan saat mereka menemukan perbedaan besar lengkungan Bumi di foto yang berbeda, mereka akan simpulkan bahwa hal tersebut adalah “bukti” tindakan pengelabuan. Mereka salah.

Lanjutkan membaca “Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto”