Blue Marble dan Permukaan Bumi yang Terlihat

Blue Marble adalah foto Bumi yang diambil oleh awak Apollo 17 saat mereka pergi menuju Bulan. Foto ini diambil dari ketinggian 29000 km dari permukaan Bumi.

Kaum Bumi datar menolak foto tersebut dengan alasan terlalu sedikit daerah Bumi yang terlihat. Hal ini terjadi hanya karena mereka tak memperhitungkan sifat distorsi pada peta.

Lanjutkan membaca “Blue Marble dan Permukaan Bumi yang Terlihat”

Foto-Foto Panorama dan Lengkungan Horizon

Foto panorama adalah hasil penggabungan dari beberapa foto yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda, menghasilkan bidang pandangan (field of view) yang sangat lebar, bahkan sampai 360°×180° yang mencakup semua sudut yang memungkinkan dari pengamat.

Ada yang mengambil foto panorama menggunakan balon stratosfer dan mengunggahnya dalam beberapa proyeksi yang berbeda. Kaum Bumi datar melihat horizon yang datar di salah satu gambar dan mengambil kesimpulan yang salah. Horizon akan terlihat datar pada panorama dengan proyeksi cylindrical atau equirectangular karena efek distorsi dari proyeksi tersebut. Pembuat panorama juga mengunggah hasilnya dengan proyeksi lain, termasuk juga panorama interaktif dalam proyeksi perspektif umum yang memperlihatkan bagaimana pemandangan di atas sana jika dilihat dari mata manusia. Dan hasilnya memperlihatkan adanya lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Foto-Foto Panorama dan Lengkungan Horizon”