Lensa Fisheye dan Distorsi Lensa

Featured Video Play Icon

Lensa fotografi tertentu dapat memiliki karakteristik dan besar distorsi yang berbeda dari lensa lainnya. Walaupun terdapat perbedaan, garis lurus akan selalu terlihat lurus apabila garis tersebut melintasi titik tengah dari foto.

Kaum Bumi datar menolak foto yang diambil lensa fisheye. Faktanya, kita tahu persis sifat lensa tersebut & bisa menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengetahui apakah garis di foto lurus, walaupun diambil dengan lensa fisheye.

Lanjutkan membaca “Lensa Fisheye dan Distorsi Lensa”

Lensa Ultra Wide-Angle

Lensa ultra-wide menghasilkan foto dengan sudut pandang yang sangat lebar. Lensa dengan panjang fokal lebih kecil daripada 24 mm (untuk kamera full-frame) disebut sebagai lensa ultra-wide. Lensa ultra-wide terdiri dari dua jenis: lensa rektilinear, dan lensa kurvilinear, atau fisheye.

Karena sudut pandangnya yang sangat lebar, lengkungan Bumi lebih mudah diamati dengan lensa ultra-wide. Kaum Bumi datar keliru mengira yang dimaksud adalah lensa fisheye yang mendistorsi garis lurus. Faktanya, terdapat lensa ultra-wide rektilinear yang mempertahankan garis lurus. Dengan lensa ini, jika horizon melengkung, maka itu adalah akibat dari lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Lensa Ultra Wide-Angle”

‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Meluruskan Garis Horizon

Defishing adalah proses menghilangkan distorsi barrel pada citra fisheye, menghasilkan citra rektilinear yang mempertahankan garis lurus. Lensa fisheye berbeda memiliki kekuatan distorsi berbeda & membutuhkan kekuatan defish berbeda.

Kaum Bumi datar gemar menerapkan kekuatan defish berlebihan dengan tujuan bukan menghilangkan distorsi, tapi demi meluruskan lengkungan Bumi. Akibatnya, mereka tak hanya menghilangkan distorsi barrel, tapi justru membuat distorsi pincushion pada citra, yang membuat horizon menjadi lurus.

Garis horizon pada gambar yang disajikan kaum Bumi datar ini akan terlihat datar. Tetapi hal tersebut adalah akibat dari distorsi yang ditambahkan kepada citra, bukan karena garis horizonnya datar.

Lanjutkan membaca “‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Meluruskan Garis Horizon”

Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto

Besar lengkungan horizon yang terlihat dalam sebuah foto tergantung pada:

  1. Ketinggian pengamat.
  2. Field of view dari kamera yang digunakan.
  3. Distorsi dari lensa kamera yang digunakan.

Kaum Bumi datar gemar menolak foto lengkungan Bumi dengan membandingkannya dengan foto lain yang menampilkan lengkungan berbeda. Faktanya, untuk membandingkannya, kita perlu memastikan semua foto diambil dari ketinggian sama, sudut pandang sama, & memperhitungkan distorsi lensa.

Lanjutkan membaca “Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto”

Modus Operandi Oknum Bumi Datar Mendapatkan “Foto Bumi Datar” Untuk Mengelabui Kita

Jika Bumi itu bulat, lalu bagaimana kaum Bumi datar bisa memiliki “foto Bumi datar” yang diambil dari balon stratosfer? Berikut adalah modus operandi oknum Bumi datar untuk mendapatkan “foto Bumi datar” tersebut dengan tujuan akhir untuk mengelabui kita.

Lanjutkan membaca “Modus Operandi Oknum Bumi Datar Mendapatkan “Foto Bumi Datar” Untuk Mengelabui Kita”

Mengapa Lensa Fisheye Digunakan

Kamera dengan lensa fisheye digunakan di ISS, balon stratosfer, peluncuran roket, dan banyak keperluan lain. Penyebabnya adalah lensa fisheye memiliki beberapa kelebihan daripada lensa lain.

Kaum Bumi datar mengklaim terdapat niat jahat di balik pemakaian lensa fisheye. Faktanya, penggunaan lensa fisheye adalah hal yang wajar. Jika diinginkan hasilnya berupa citra rektilinear, tidak sulit untuk mengkonversi citra fisheye menjadi rektilinear.

Lanjutkan membaca “Mengapa Lensa Fisheye Digunakan”

Bukti Bumi Bulat dari Penganut Bumi Datar

Banyak penganut Bumi datar yang telah mengeluarkan sangat banyak tenaga dan dana untuk melakukan berbagai macam observasi dan eksperimen. Mereka telah membeli peralatan mahal, bepergian jarak jauh ke negara lain, mendesain eksperimen dengan sangat mendetail dan melakukan percobaan skala-besar; semua untuk membuktikan keyakinan mereka bahwa Bumi datar. Namun banyak dari eksperimen dan observasi tersebut ternyata merupakan bukti tak terbantahkan bahwa Bumi berbentuk bulat.

Pada kebanyakan kasus, mereka tak akan menerima kesimpulan tersebut. Biasanya mereka akan menyalahartikan, menolak, berbohong dan menutupi hasilnya. Hal tersebut disebabkan faktor psikologis yang dinamakan confirmation bias. Walaupun demikian, hasil eksperimen dan observasi mereka berbicara lebih nyaring daripada klaim-klaim yang mereka sampaikan, dan semuanya adalah bukti valid bahwa Bumi berbentuk bulat.

Ini adalah beberapa dari observasi dan eksperimen tersebut, dimana kaum Bumi datar telah berusah payah dan mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Dan setelah itu dilakukan, mereka justru mengambil kesimpulan yang salah dan dengan spektakuler mendemonstrasikan confirmation bias mereka ke seluruh dunia.

Lanjutkan membaca “Bukti Bumi Bulat dari Penganut Bumi Datar”

Lensa Fisheye Dapat Saja Membuat Garis Melengkung Menjadi Terlihat Lurus

Gambar yang diambil dengan lensa fisheye memiliki distorsi barrel. Pada lensa fisheye, garis lurus dapat terlihat melengkung. Namun banyak penganut Bumi datar yang tak menyadari bahwa sebaliknya pun sama, lensa fisheye dapat membuat garis melengkung menjadi terlihat lurus.

Lanjutkan membaca “Lensa Fisheye Dapat Saja Membuat Garis Melengkung Menjadi Terlihat Lurus”

Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer

Video balon stratosfer sering dijadikan ‘barang bukti’ oleh penganut Bumi datar untuk memperlihatkan bahwa ‘Bumi tidak memiliki lengkungan’.

Ironisnya, penulis telah melakukan analisis sederhana pada lebih dari dua lusin video balon stratosfer di YouTube, dan kesimpulannya adalah:  secara objektif ada lengkungan, dan sama sekali tidak sulit untuk mengamatinya, termasuk pada video ‘bukti’ yang disodorkan flatearther.

Lanjutkan membaca “Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer”