Fokus Tak Terhingga

Bagi sebuah perangkat optik seperti kamera, hanya ada sedikit perbedaan antara pesawat sejauh 6 km dan Bulan sejauh 384400 km. Bukaan lensa terlalu kecil terhadap jarak kedua objek. Memfokuskan salah satu objek akan membuat objek yang satu lagi juga ikut terfokus.

Kaum Bumi datar melihat sebuah foto dengan objek pesawat dan Bulan. Dan karena kedua objek tersebut terlihat fokus, mereka keliru menyimpulkan bahwa jarak Bulan tidak jauh dari pesawat. Faktanya kedua objek terlalu jauh dibandingkan ukuran bukaan lensa, atau dengan kata lain, berada pada jarak fokus tak terhingga. Tidak akan sulit untuk membuat kedua objek tersebut terfokus.

Lanjutkan membaca “Fokus Tak Terhingga”

Nikon P900 & P1000: Melakukan Fokus dan Eksposur dengan Benar

Featured Video Play Icon

Nikon P900 & P1000 adalah kamera dengan zoom yang panjang, tetapi seperti banyak kamera lainnya, juga memiliki kesulitan dalam melakukan fokus dan metering secara otomatis untuk kasus objek yang kecil tetapi terang, dengan latar belakang yang gelap. Karena itu membutuhkan mode manual dan trik-trik khusus jika kita ingin mengambil gambar bintang atau planet dengan benar.

Kaum Bumi datar gemar mengarahkan Nikon P900/P1000 ke bintang & planet, lalu mengambil gambar yang tidak terfokus, dan mempercayai hasilnya adalah “foto bintang dan planet yang asli.” Faktanya, hal tersebut hanyalah hasil dari kegagalan mereka dalam mengoperasikan kamera.

Lanjutkan membaca “Nikon P900 & P1000: Melakukan Fokus dan Eksposur dengan Benar”

Bokeh

Dalam fotografi, bokeh adalah bagaimana lensa menghasilkan gambar pada bagian yang tidak terfokus. Bentuk dari bokeh lebih tergantung pada lensa yang digunakan daripada objek yang tidak terfokus tersebut.

Beberapa kaum Bumi datar tidak paham bagaimana cara untuk mengambil gambar bintang dan planet yang terfokus dengan benar. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya pengetahuan atau tidak cocoknya kamera yang mereka gunakan untuk keperluan tersebut. Yang mereka hasilkan hanyalah bokeh, yang tidak banyak menggambarkan objek yang dimaksud.

Lanjutkan membaca “Bokeh”