Sarkasme, Ironi, Satire

Sarkasme, ironi, dan satire adalah gaya bahasa yang terdiri dari pernyataan yang secara harfiah tidak benar. Tetapi harusnya pemirsa mampu mengenali hal tersebut memang tidak benar, dan memahami bahwa informasi tersebut adalah lelucon atau hinaan.

Korban teori konspirasi mudah tertipu dan merupakan objek populer dari sarkasme, ironi, dan satire. Tetapi karena terlalu mudah tertipu, mereka tak sadar informasi tersebut tidak benar. Banyak dari mereka menganggap serius sarkasme, ironi, dan satire, lalu beredar sebagai hoaks di antara mereka.

Lanjutkan membaca “Sarkasme, Ironi, Satire”

Lelucon April Mop Mengenai Bumi Datar

April Mop adalah kebiasaan pada tanggal 1 April saat orang-orang saling membuat lelucon & senda gurau, dan bersenang-senang membuat orang lain mempercayai hal yang tidak benar. Sebagian dari lelucon ini berupa “dukungan pada Bumi datar.”

Beberapa hari setelahnya, lelucon-lelucon tersebut bisa tidak terlihat jelas bahwa itu cuma lelucon, dan kaum Bumi datar tak sadar bahwa merekalah yang sedang menjadi objek lelucon. Pada komunitas mereka, beberapa lelucon tersebut disangka sebagai dukungan sungguhan terhadap Bumi datar, dan kekeliruan tersebut beredar sebagai hoaks.

Lanjutkan membaca “Lelucon April Mop Mengenai Bumi Datar”