Zoom, Resolusi Digital, dan Kenampakan Objek di Kejauhan

Kamera zoom memiliki sudut pandang yang bisa diubah, tapi resolusi outputnya tetap tetap. Maka, resolusi sudutnya tergantung dari faktor zoom. Mengubah zoom akan mengubah kemampuan kamera untuk mengenali objek di kejauhan.

Kaum Bumi datar gemar menunjukkan zoom bisa memperlihatkan objek yang tak terlihat & mereka jadikan “bukti” tak ada lengkung Bumi. Faktanya, di sini objek tak terlihat akibat keterbatasan resolusi saat zoom lebar di kamera. Objeknya sendiri tidak cukup jauh untuk tertutup lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Zoom, Resolusi Digital, dan Kenampakan Objek di Kejauhan”

Bokeh

Dalam fotografi, bokeh adalah bagaimana lensa kamera menghasilkan gambar pada bagian tak terfokus. Bentuk bokeh lebih tergantung pada bentuk bukaan lensa daripada objek yang tak fokus tersebut.

Kaum Bumi datar gagal mengambil foto bintang & planet yang terfokus benar akibat kurangnya pengetahuan dan kamera yang tidak cocok untuk hal tersebut. Yang mereka dapatkan hanyalah bokeh, yang lebih banyak menceritakan kamera mereka (dan kurangnya pengetahuan mereka) daripada objeknya itu sendiri.

Lanjutkan membaca “Bokeh”

Melakukan Zoom Pada Bulan

Pada zoom terpanjang, Nikon P1000 memiliki sudut pandang 0,2°, setara dengan 1342 km pada permukaan Bulan.

Kaum Bumi datar menggunakan Nikon P1000 untuk melakukan zoom pada Bulan dan mengklaim tak dapat menemukan bendera dan wahana pendaratan Apollo. Faktanya, objek terkecil di Bulan yang dapat terlihat oleh kamera mereka adalah objek seukuran kota besar.

Lanjutkan membaca “Melakukan Zoom Pada Bulan”

Objek Tertutup Lengkungan Bumi dan Zoom Kamera

Featured Video Play Icon

Dari pengamat di pantai, jarak ke horizon adalah 5 km. Maka, lengkungan Bumi mulai menutupi objek mulai dari jarak tersebut. Jika objeknya tak cukup besar, kita membutuhkan alat bantu, seperti menggunakan kamera zoom untuk melihatnya.

Kaum Bumi datar menggunakan foto yang diambil dengan lensa lebar untuk memperlihatkan tak ada objek yang tertutup lengkungan. Faktanya, pada foto yang diambil dengan lensa lebar, objek yang cukup jauh untuk tertutup lengkungan bumi tak akan dapat terlihat. Tak mungkin melihat objek tertutup lengkungan Bumi jika objeknya sendiri tidak terlihat.

Lanjutkan membaca “Objek Tertutup Lengkungan Bumi dan Zoom Kamera”

Resolusi Sudut

Resolusi sudut adalah jarak minimum antara ciri atau corak yang dapat dikenali dalam sebuah citra. Objek dengan ukuran lebih kecil daripada resolusi sudut tak akan dapat dikenali pada gambar. Resolusi sudut maksimum yang dimungkinkan tergantung pada diameter bukaan dari instrumen optik yang digunakan.

Kaum Bumi datar gemar menuntut foto wahana pendaratan (lander) Apollo di Bulan dengan menggunakan kamera atau teleskop sebagai  bukti pendaratan di Bulan memang terjadi. Faktanya, tak ada teleskop optik di Bumi yang diameter bukaannya cukup besar untuk dapat mengenali wahana pendaratan Apollo tersebut.

Lanjutkan membaca “Resolusi Sudut”

Menambah Zoom

Featured Video Play Icon

Dengan menggunakan kamera zoom, menambah zoom akan mempersempit bidang pandang (field of view), dan akan memperbesar bagian tengah dari gambar. Menambah zoom optik (optical zoom) akan memperbaiki resolusi sudut (angular resolution), tetapi tak akan pernah dapat memperlihatkan objek di kejauhan yang terhalangi objek lain.

Kaum Bumi datar mengklaim bahwa menambah zoom akan dapat memperlihatkan kapal yang setengah tertutup menjadi terlihat utuh. Faktanya tidaklah demikian. Dengan setting zoom bagaimanapun, proporsi dari kapal yang terlihat dan yang terhalangi akan selalu sama.

Lanjutkan membaca “Menambah Zoom”

Kualitas Foto

Kualitas sebuah foto tergantung dari kualitas peralatan yang digunakan. Peralatan berkualitas tinggi akan memberi kita hasil yang lebih baik daripada yang berkualitas rendah.

Kaum Bumi datar gemar menggunakan kamera seperti Nikon P900 atau P1000 untuk mengambil gambar planet. Saat hasil yang mereka dapatkan tidak memiliki kualitas yang sama dengan foto objek yang sama dari NASA, mereka lalu menyimpulkan foto dari NASA tersebut adalah palsu. Faktanya, hal tersebut adalah karena peralatan yang mereka gunakan tidak memiliki kualitas sebaik NASA, begitu pun pula keterampilan dalam menggunakan peralatan tersebut.

Lanjutkan membaca “Kualitas Foto”

Nikon P900 & P1000: Melakukan Fokus dan Eksposur dengan Benar

Featured Video Play Icon

Nikon P900 & P1000 adalah kamera dengan zoom yang panjang, tetapi seperti banyak kamera lainnya, juga memiliki kesulitan dalam melakukan fokus dan metering secara otomatis untuk kasus objek yang kecil tetapi terang, dengan latar belakang yang gelap. Karena itu membutuhkan mode manual dan trik-trik khusus jika kita ingin mengambil gambar bintang atau planet dengan benar.

Kaum Bumi datar gemar mengarahkan Nikon P900/P1000 ke bintang & planet, lalu mengambil gambar yang tidak terfokus, dan mempercayai hasilnya adalah “foto bintang dan planet yang asli.” Faktanya, hal tersebut hanyalah hasil dari kegagalan mereka dalam mengoperasikan kamera.

Lanjutkan membaca “Nikon P900 & P1000: Melakukan Fokus dan Eksposur dengan Benar”