Wawancara Buzz Aldrin oleh Conan O’Brien

Featured Video Play Icon

Pada sebuah wawancara televisi, Conan O’Brien (pewawancara) keliru mengatakan bahwa dia dulu menonton Buzz Aldrin (tamu) mendarat di Bulan. Buzz mengoreksi hal tersebut dengan mengatakan bahwa yang dilihat Conan adalah animasi.

Kaum Bumi datar keliru mengklaim hal tersebut sebagai “bukti” pendaratan di Bulan dipalsukan. Faktanya, Buzz memberi tahu bahwa TV memakai animasi sebagai gambaran visual dari pendaratan di Bulan. Kru TV tak berangkat ke Bulan lebih dulu untuk memasang kamera demi mengabadikan peristiwa tersebut.

Lanjutkan membaca “Wawancara Buzz Aldrin oleh Conan O’Brien”

Foto Liputan Surat Kabar Mengenai Pendaratan Apollo 11 di Bulan

Apollo 11 mendarat di Bulan pada tanggal 20 Juli 1969 & kembali ke Bumi pada tanggal 24 Juli 1969. Surat kabar meliput kejadian tersebut keesokan harinya, 21 Juli 1969 lengkap dengan foto.

Kaum Bumi datar mengklaim bahwa koran sudah memiliki fotonya adalah “bukti” pengelabuan. Mereka mengklaim seharusnya foto baru ada setelah 24 Juli.  Penjelasannya sederhana, wartawan surat kabar mengambil foto dari siaran langsung televisi peristiwa tersebut.

Pada situasi saat ini, hal tersebut tak jauh berbeda dengan mengambil screenshot dari sebuah video YouTube, hal sederhana yang bahkan kaum Bumi datar sekali pun mampu melakukannya.

Lanjutkan membaca “Foto Liputan Surat Kabar Mengenai Pendaratan Apollo 11 di Bulan”

Biaya dari Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)

Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV) dibuat dengan biaya $38 juta, setara dengan $260 juta di 2021. Kaum Bumi datar mengklaim biayanya terlalu mahal untuk “mobil gurun” & digunakan untuk mendiskreditkan misi Apollo. Faktanya, biaya tersebut wajar.

Lanjutkan membaca “Biaya dari Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV)”

Operation Avalanche

Operation Avalanche adalah film thriller konspirasi yang dirilis tahun 2016. Film ini bergenre parodi dekonstruktif yang menganggap pendaratan di Bulan tak terjadi, dan menceritakan latar belakang fiktif bagaimana agen rahasia “memalsukannya.”

Kaum Bumi datar mengambil cuplikan film ini dan memodifikasinya agar terlihat meyakinkan, lalu menyampaikan seakan itu adalah video yang baru ditemukan mengenai “pemalsuan” misi Apollo. Video tersebut menyebar di kalangan mereka sebagai hoaks.

Lanjutkan membaca “Operation Avalanche”

Hubungan Fase Bumi dan Fase Bulan

Fase Bulan yang terlihat dari Bumi adalah kebalikan dari fase Bumi yang terlihat dari Bulan pada waktu yang sama. Jika kita melihat bulan sabit dari Bumi, maka seseorang di Bulan pada saat bersamaan akan melihat Bumi bungkuk, dan sebaliknya.

Kaum Bumi datar melihat fase Bulan pada sebuah misi Apollo berbeda daripada fase Bumi yang terlihat pada foto Bumi dari misi tersebut. Lalu mereka gunakan untuk mendiskreditkan pendaratan di Bulan, keliru berasumsi bahwa kedua fase tersebut seharusnya sama. Faktanya, kedua fase tersebut saling berlawanan, dan semua akan konsisten.

Bayangan Pada Foto Yang Diambil di Permukaan Bulan

Kaum Bumi datar dan penganut teori konspirasi keliru mengklaim bahwa bayangan objek pada foto misi Apollo yang diambil di Bulan tidak konsisten. Faktanya hal tersebut hanya bersumber dari bias konfirmasi pada diri mereka sendiri, dan tak sulit untuk menjelaskan bagaimana bayangan tersebut terjadi.

Efek perspektif dapat menyebabkan bayangan yang sejajar terlihat saling menyudut dan mengarah ke satu titik di kejauhan. Korban teori konspirasi keliru mengklaim bahwa bayangan yang terlihat tidak sejajar pada foto hanya bisa disebabkan oleh sumber cahaya yang dekat.

Lanjutkan membaca “Bayangan Pada Foto Yang Diambil di Permukaan Bulan”

Earthrise

Earthrise adalah foto Bumi yang diambil dari orbit Bulan oleh William Anders saat misi Apollo 8. Foto tersebut diambil setelah Bumi terlihat terbit dari belakang Bulan.

Sisi Bulan yang terlihat dari Bumi tetap sama, dan dari lokasi di Bulan yang menghadap Bumi, tak mungkin terlihat Bumi terbit. Kaum Bumi datar menggunakannya sebagai “bukti” foto tersebut palsu. Faktanya, Earthrise tidak diambil dari permukaan Bulan, tetapi dari orbit Bulan. Apollo 8 bahkan tak mendarat di Bulan.

Lanjutkan membaca “Earthrise”

Crank Magnetism

Crank magnetism adalah kecenderungan orang-orang yang percaya satu hal yang tak berdasar untuk juga percaya hal tak berdasar lainnya yang tidak berhubungan. Crank magnetism juga adalah sebutan bagi kecenderungan orang-orang ini untuk mengumpulkan lebih banyak kepercayaan semacam itu seiring dengan waktu.

Mereka yang percaya Bumi datar cenderung untuk percaya ide tak berdasar lainnya. Sebagian adalah syarat untuk percaya Bumi datar, seperti hoaks bahwa pendaratan di Bulan tidak terjadi. Tapi kebanyakan sama sekali tidak berhubungan dengan Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Crank Magnetism”

Foto Earthrise Pada Kantor Oval Presiden Nixon

Earthrise adalah foto Bumi yang diambil dari orbit Bulan pada misi Apollo 8, tujuh bulan sebelum pendaratan di Bulan oleh misi Apollo 11. Presiden Nixon memasang foto Earthrise tersebut pada dinding di samping meja kerjanya di Kantor Oval, Gedung Putih.

Foto Earthrise tersebut terlihat jelas pada liputan berita saat Presiden Nixon berkomunikasi dengan astronot Apollo 11 di permukaan Bulan. Kaum Bumi datar merasa aneh foto tersebut sudah ada padahal misi Apollonya sendiri tengah berlangsung. Mereka lalu gunakan fakta tersebut sebagai “bukti” adanya pengelabuan. Faktanya, orang-orang ini tak menyadari bahwa ada beberapa misi Apollo yang dilakukan sebelum itu, hanya saja Apollo 11 adalah misi pertama yang mendarat di Bulan.

Lanjutkan membaca “Foto Earthrise Pada Kantor Oval Presiden Nixon”

Spektrum Teori Konspirasi dan Garis Demarkasi

Featured Video Play Icon

Teori konspirasi memiliki spektrum, mulai dari yang paling ekstrem sampai yang lebih umum. Setiap orang memiliki garis batas masing-masing untuk memisahkan mana teori konspirasi yang masuk akal dan yang konyol.

Bumi datar ada pada ujung ekstrem dari spektrum ini. Akibatnya penganutnya cenderung percaya banyak jenis teori konspirasi lainnya. Tapi pemercaya teori konspirasi lain yang tidak seekstrem itu dapat saja menganggap Bumi datar konyol. Dengan mempelajari bagaimana seseorang bisa sampai percaya Bumi datar, kita bisa menghindari diri untuk tidak terlalu mudah percaya teori konspirasi lain.

Lanjutkan membaca “Spektrum Teori Konspirasi dan Garis Demarkasi”

Kondisi Tanpa Beban, Jatuh Bebas, dan Mikrogravitasi

Saat mengorbit, sebuah benda berada dalam kondisi tanpa beban karena objek dan wahana antariksa memiliki gerak yang arah dan kecepatannya sama, dan keduanya dipengaruhi oleh gravitasi yang besarnya praktis sama pula. Kita menggunakan wahana antariksa sebagai kerangka acuan. Dan karena objek tidak bergerak relatif terhadap wahana antariksanya, objek tersebut terlihat melayang.

Di orbit Bumi, objek masih dipengaruhi oleh gravitasi Bumi, tetapi objek melayang. Kaum Bumi datar menggunakannya untuk mendiskreditkan perjalanan ke luar angkasa. Faktanya, objek melayang karena kita menggunakan wahana antariksa sebagai kerangka acuannya, yang juga memiliki gerak yang sama dan dipengaruhi oleh gravitasi yang sama sebagaimana yang dialami oleh objek itu sendiri.

Lanjutkan membaca “Kondisi Tanpa Beban, Jatuh Bebas, dan Mikrogravitasi”

Video Wikileaks dari Kaum Bumi Datar adalah Hoax yang Bersumber dari Film Capricorn One

Seseorang membuat video palsu yang menampilkan proses “pemalsuan” video pendaratan misi Apollo di Bulan. Video ini mengklaim berasal dari Wikileaks, lengkap dengan logo Wikileaks, foto Julian Assange pendiri Wikileaks, dan beberapa efek untuk memberikan kesan asli. Faktanya, video tersebut diambil dari behind the scenes dari film Capricorn One.

Situs web resmi Wikileaks tidak memuat video tersebut dan sama sekali tidak sulit untuk mengetahui bahwa video tersebut palsu. Walaupun demikian, kaum Bumi datar tak mampu untuk menyadarinya, dan video tersebut beredar di komunitas mereka sebagai hoaks.

Lanjutkan membaca “Video Wikileaks dari Kaum Bumi Datar adalah Hoax yang Bersumber dari Film Capricorn One”

Konferensi Pers Apollo 11

Kaum Bumi datar mengklaim bahwa astronot Apollo 11 terlihat sedih dan tak nyaman saat konferensi pers pasca penerbangan, dan menganggapnya sebagai “bukti” adanya rasa bersalah karena telah memalsukan pendaratan di Bulan. Faktanya, konferensi pers tersebut berlangsung wajar dan bahkan penuh dengan tawa.

Oknum-oknum pencetus Bumi datar dengan sengaja memilih-milih satu foto dari video konferensi pers tersebut saat astronot terlihat serius. Mereka menggunakan foto tersebut untuk menghasut, agar kita mempercayai hoax yang mereka ciptakan bahwa pendaratan di Bulan tidak terjadi.

Lanjutkan membaca “Konferensi Pers Apollo 11”

Bukti Foto

Bukti foto saja tidaklah cukup untuk membuktikan benda atau kejadian yang ada dalam foto itu nyata. Kebenarannya perlu ditentukan melalui pembuktian melalui induksi, dimana beberapa informasi dipertimbangkan dan dievaluasi bersama-sama.

Kaum Bumi datar sering mengklaim bahwa kita menganggap kebenaran hal-hal tertentu hanya dari bukti foto. Mereka salah. Ada informasi selain dari foto itu sendiri yang juga menjadi bahan pertimbangan dan membuat kita menerima bahwa benda atau kejadian tersebut nyata.

Lanjutkan membaca “Bukti Foto”