Switching Pada Jaringan Telekomunikasi

Switching adalah metode yang digunakan untuk membuat jaringan komunikasi antara dua titik yang tidak terhubung langsung. Informasi dapat diteruskan oleh satu atau lebih titik di antaranya, yang masing-masing dapat menggunakan metode berbeda dalam mengirim informasi.

Tahun 1969, Presiden Richard Nixon menghubungi astronot dari Gedung Putih dengan menggunakan telepon kabel. Hal tersebut dipermasalahkan oleh kaum Bumi datar. Menurut mereka, jika saat ini kadang mereka mengalami kesulitan untuk menghubung ponsel di kamar sebelah, maka Nixon menghubungi astronot sejauh 384000 km dengan menggunakan telepon kabel adalah hal yang tidak masuk akal. Hal tersebut hanya bersumber dari ketidakpahaman mereka mengenai telekomunikasi.

Lanjutkan membaca “Switching Pada Jaringan Telekomunikasi”

Istilah “Radio”

Radio adalah teknologi telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 30 Hz dan 300 GHz. Teknologi radio memiliki sangat banyak penggunaan, misalnya: siaran radio, televisi, ponsel, GPS, satelit, remote control, remote mobil, bluetooth, WiFi, microwave, radar, telemetri, radio dua arah, RFID & NFC, bel nirkabel, dll.

Beberapa kaum Bumi datar akhirnya menemukan fakta bahwa satelit berkomunikasi menggunakan gelombang radio, dan menganggap “penemuan baru” tersebut sebagai “bukti” satelit tidak ada: “Yang disebut satelit ternyata sebenarnya menggunakan gelombang radio,” begitu klaim mereka. Hal tersebut hanya bersumber dari kurangnya wawasan mereka.

Lanjutkan membaca “Istilah “Radio””

Jaringan Telepon Seluler vs Komunikasi Satelit

“Jika satelit itu ada, untuk apa operator seluler repot-repot memasang tower di setiap tempat?” “Jika satelit itu ada, mengapa jika kita di pedalaman tidak bisa mendapat sinyal?” Itu adalah beberapa pertanyaan yang tak jarang terdengar di kalangan penganut Bumi datar.

Logikanya adalah hanya dengan satu transceiver di satelit, bisa menjangkau daerah yang sangat luas. Maka repot-repot memasang tower di semua tempat merupakan sebuah kesia-siaan. Biasanya kemudian diikuti dengan kesimpulan: satelit sebenarnya tidak ada.

Mereka salah. Mari kita telaah bagaimana jaringan telepon seluler sebenarnya bekerja.

Lanjutkan membaca “Jaringan Telepon Seluler vs Komunikasi Satelit”