Manusia Adalah Makhluk Sosial – Sains Adalah Proses Sosial

Manusia adalah makhluk sosial. Kita saling tergantung satu sama lain, dan tak segala hal yang kita perlukan dapat kita lakukan sendiri. Kita tak memproduksi semua makanan yang kita makan setiap hari, dan hal yang sama juga berlaku pada semua aspek dari kehidupan kita.

Kita sering menyaksikan penganut Bumi datar menanyakan apakah kita sudah melakukan riset sendiri terhadap hal yang kita kemukakan. Jika kita tidak melakukan riset sendiri, tetapi hanya “katanya”, maka menurut mereka kita tidak dapat mempercayainya. Hal ini hanyalah cara bagi mereka untuk mengerdilkan fungsi sosial manusia, dan memutuskan hubungan kita dengan masyarakat. Lanjutkan membaca “Manusia Adalah Makhluk Sosial – Sains Adalah Proses Sosial”

Confirmation Bias

Manusia memiliki bias-bias kognitif yang secara subjektif mempengaruhi penilaian. Salah satu bias kognitif ini adalah confirmation bias. Karena confirmation bias, manusia cenderung untuk mencari informasi yang memperkuat hal yang dipercayainya.

Confirmation bias adalah fakta kehidupan dan merupakan sifat semua manusia. Confirmation bias menyebabkan penilaian subjektif berbeda untuk pengamat yang berbeda. Ciri khas pseudosains —seperti pada konsep Bumi datar— confirmation bias tidak diusahakan untuk diminimalkan, tetapi justru dianjurkan.

Lanjutkan membaca “Confirmation Bias”