ETOPS

Featured Video Play Icon

ETOPS adalah aturan keamanan yang mengharuskan rute pesawat tak terlalu jauh dari bandara terdekat. Peringkat ETOPS yang lebih tinggi memungkinkan rute yang berjarak lebih jauh, tetapi memiliki aturan yang lebih ketat dan biaya yang lebih mahal.

Pada tahun 2021 belum ada rute penerbangan yang melintasi Antarktika. Kaum Bumi datar menjadikan itu “bukti” Bumi datar. Faktanya, tak ada bandara di Antarktika, sehingga rute penerbangan perlu menggunakan pesawat berperingkat ETOPS tinggi. Akibat biaya dan pasar yang terbatas, belum ada maskapai yang merasa rute tersebut menguntungkan.

Lanjutkan membaca “ETOPS”

Bintang-Bintang di Langit Selatan: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi Pada Porosnya

Featured Video Play Icon

Jika kita berada di Bumi bagian selatan dan melihat ke langit bagian selatan, kita akan melihat bintang-bintang yang sama di mana pun posisi kita. Bintang-bintang tersebut mengitari sumbu bintang selatan yang berada di rasi Octans, dekat dengan bintang Sigma Octantis.

Fenomena ini tak dapat dijelaskan pada model Bumi datar.  Jika kita lihat peta yang mereka klaim sebagai “peta Bumi datar”, seharusnya kita akan melihat bintang yang berbeda-beda. Ini karena model Bumi datar tidaklah sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Lanjutkan membaca “Bintang-Bintang di Langit Selatan: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi Pada Porosnya”

Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar

Data durasi penerbangan dapat mewakili jarak antar kota, dan hanya konsisten jika Bumi bulat. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa ketidakcocokan durasi penerbangan pada model Bumi datar seakan-akan disebabkan oleh angin dan jet stream.

Faktanya, kecepatan angin yang diperlukan pada asumsi tersebut jauh lebih besar daripada kecepatan tertinggi dari jet stream. Selain itu pada asumsi tersebut, angin tidak memberi pengaruh yang sama untuk rute-rute yang mirip pada model Bumi datar. Dan tentu saja, masalah perbedaan angin pada rute penerbangan dapat dengan mudah diperhitungkan dengan merata-ratakan durasi penerbangan pada kedua arahnya.

Lanjutkan membaca “Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar”

Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago

Featured Video Play Icon

Pada tahun 2020, rute penerbangan Singapura–New York merupakan rute penerbangan terjauh. Sedangkan Melbourne–Santiago adalah rute penerbangan yang paling selatan. Lama perjalanan kedua rute tersebut hanya dapat dijelaskan jika Bumi bulat.

Jika Bumi datar, maka rute Melbourne–Santiago seharusnya berdurasi lebih lama daripada rute Singapura–New York. Durasi  terbang dari rute-rute tersebut membuktikan Bumi tidak mungkin datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago”

Rute Penerbangan Sydney-Santiago

Featured Video Play Icon

Rute penerbangan Sydney-Santiago adalah salah satu rute penerbangan paling selatan. Rute seperti ini mustahil apabila Bumi datar, dan hanya mungkin terjadi jika Bumi bulat. Dan tak sulit untuk melakukan verifikasi di Internet mengenai keberadaan rute tersebut.

Jika Bumi datar, rute ini seharusnya melintasi Amerika Serikat. Namun durasi rute Sydney-Santiago dengan transit di Amerika Serikat jauh lebih lama daripada rute non-stopnya. Hal ini terjadi karena Bumi itu bulat, dan penerbangan non-stop Sydney-Santiago faktanya melintasi lautan Pasifik Selatan, dan sama sekali tidak melintasi Amerika Serikat. Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney-Santiago”

Rute Penerbangan Saat Pandemi COVID-19

Featured Video Play Icon

Selama pandemi COVID-19, ada banyak rute penerbangan yang dibatalkan, ditunda, atau dikurangi karena pembatasan dan larangan perjalanan, lockdown, atau kurangnya permintaan, termasuk rute-rute yang mustahil terjadi seandainya Bumi datar.

Kaum Bumi datar mencari rute-rute tersebut, dan saat tak dapat menemukannya, mereka gunakan sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, mereka melakukan pencarian tersebut saat pandemi COVID-19, dimana ada banyak rute yang tidak tersedia.

Arah Kiblat pada Lokasi yang Jauh di Bumi Bagian Selatan

Arah kiblat ditentukan dengan mencari jarak terdekat ke Mekah menggunakan metoda great circle. Hal tersebut dilakukan karena Bumi berbentuk bulat. Jika Bumi berbentuk datar, maka arah kiblat bisa dengan mudah ditentukan hanya dengan menarik garis lurus ke Kakbah.

Oknum-oknum pencetus Bumi datar sering mendompleng agama untuk menyebarkan paham Bumi datar. Salah satu caranya adalah dengan mengedepankan contoh lokasi di Bumi bagian utara yang dekat dengan garis meridian yang memotong Kota Mekah. Misalnya di Kanada dan Amerika Serikat. Lokasi tersebut sengaja dipilih karena distorsinya minimal dan seakan-akan arah kiblat konsisten dijelaskan pada Bumi datar.

Mereka sengaja tak menyinggung arah kiblat pada lokasi lain, terutama di Bumi bagian selatan yang jauh dari Kota Mekah. Pada lokasi-lokasi ini, arah kiblat kiblat hasil perhitungan Bumi datar akan melenceng sangat jauh daripada arah kiblat yang benar.

Lanjutkan membaca “Arah Kiblat pada Lokasi yang Jauh di Bumi Bagian Selatan”

Rute Penerbangan Antipode: Auckland–Madrid

Featured Video Play Icon

Auckland, Selandia Baru, dan Madrid, Spanyol adalah pasangan kota yang hampir antipode. Keduanya terletak saling berseberangan di permukaan Bumi bulat. Karena itu, kita dapat naik pesawat dari Auckland ke arah mana pun, dan tiba di Madrid setelah menempuh jarak yang sama, apapun arah yang kita pilih saat meninggalkan Auckland.

Penerbangan apapun antara pasangan antipode memiliki lama perjalanan yang mirip, walaupun penerbangan-penerbangan tersebut memiliki arah yang berbeda. Fakta tersebut hanya konsisten dengan Bumi bulat, dan tak mungkin dijelaskan jika Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Antipode: Auckland–Madrid”